Polisi Kawal Ketat Soal UN

by -

*Soal Sudah Sampai ke Polsek di Wilayah Belitung

foto A- soal un dijaga polisi

Foto A: ainul yakin
Personil Polisi saat menunjukkan soal-soal UN yang berada di gudang dan dijaga ketat.

TANJUNGPANDAN-Menjelang Ujian Nasional (Unas) Tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) 2015, yang akan dilaksanakan Senin, (13/4) pekan depan, Personil Polres Belitung terus melakukan penjagaan dengan ketat terhadap soal-soal UN.

Ribuan soal-soal tersebut saat, sudah dikirim dari Provinsi beberapa hari lalu dan tiba di Belitung, Kamis (9/4) malam lalu. Soal-soal tersebut, sebelum didistribusikan ke Polsek-polsek di karantina terlebih dahulu di Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Irfan Mauran melalui Panitia UN Ardono mengatakan, saat ini soal-soal tersebut sudah didistribusikan ke Seluruh polsek di Belitung, kecuali Polsek Tanjungpandan.
“Untuk jumlah masih belum diketahui berapa banyak kertas tersebut. Namun, untuk perserta di tingkat SMA ada 876 dan SMK ada 901,” ujar Ardono kepada Belitong Ekspres di Ruang Dinas Pendidikan, Jumat (10/4) kemarin.
Ribuan kertas soal-soal  tersebut berisikan enam mata pelajaran tingkat SMA, dan 4 pelajaran SMK. Keempat pelajaran SMK tersebut meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Ingris, Matematikan dan Kejuruan.
“Sedangan di tingkat SMA yakni SMA IPA meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi. Sedangkan SMA IPS meliputi Bahasa Ingris, Bahasa Indonesia, Matematika, Sosiologi, Antropologi dan Geografi,” pungkasnya.
Sementara itu, Kabag Ops Polres Belitung Kompol M Nizar seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, pihaknya sudah mendapat informasi tentang soal-soal ujian nasional tersebut.
“Saat ini, soal-soal tersebut sudah di distribusikan ke seluruh polsek di Belitung. Kami akan terus kawal soal tersebut, hingga sampai ke para siswa saat mengikuti UN,” ujar Kabag Ops Polres Belitung.
Sementara itu, Kapolsek Membalong AKP Fauzi ketika dikonfirmasi Belitong Ekspres mengatakan, Polsek sudah menerima soal-soal UN dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung. “Kami siap menjaga dan sampai waktu nanti akan disampaiken ke sekolah-sekolah dengan kawalan anggota Polsek,’’ ujar Kapolsek kepada Belitong Ekspres melalui jaringan telepon, tadi malam.
Terpisah, Kapolsek Sijuk AKP Kaya Simatupang mengatakan, Polsek sudah menerima sejumlah soal-soal unas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung. Menurutnya, saat ini soal ujian ini sudah diamankan di Polsek Sijuk, sebelum di serahkan ke SMA Negeri 1.
“Yang mengikuti kegiatan ujian di Sijuk hanya SMA Negeri 1. Saya menghimbau kepada adek-adek yang mengikuti unas agar tidak percaya dengan adanya isu-isu bocoran soal di Belitung, kami pastikan soal aman dan tidak bocor” ujar AKP Kaya. (Kin)