Polisi Siap Amankan FLP 2015

by -

*Terjunkan 150 Personil, Akses Jalan Akan Dialihkan

TANJUNGPANDAN-Menjelang acara Festival Laskar Pelangi  2015, yang akan dimulai Kamis (27/8) hari ini hingga Sabtu (29/8) lusa, sebanyak 150 personil Polres Belitung dikerahkan. Para personil ini diterjunkan untuk mengamankan jalannya kegiatan yang berlangsung selama tiga hari di Pantai Tanjungtinggi tersebut.
Kabag Ops Polres Belitung Kompol Muhammad  Nizar seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, dirinya mendukung secara penuh terselenggaranya event tahunan ini. Kekuatan penuh Polres akan dikerahkan dalam pengamanan kegiatan yang biasanya ditonton banyak warga masyarakat dan sebagian turis.
“Untuk acara pembukaan, Kamis (27/8) besok (hari ini,red) Polres Belitung mengirim sekitar 30 hingga 40 personil, untuk mengamankan di setiap area lokasi acara,” ujar Kabag Ops kepada Belitong Ekspres, kemarin.
Ini dilakukan lantaran, di hari yang sama ada kegiatan akbar di Tanjungpandan, yakni pawai pembangunan pada sore harinya. Maka dari itu, untuk acara besok (hari ini red) pengamanan dipecah menjadi dua regu di Belitung. Yang pasti, untuk malam hari juga dimaksimalkan di area Tanjungtinggi.
“Sebanyak 40 Personil di Tanjung Tinggi dan 100 lebih personil disebar¬† di Tanjungpandan saat acara pawai yang rencana star di Lapangan Keramik Tanjungpandan. Setelah itu, seluruh para personil dikumpulkan untuk fokus ke acara Festival Laskar Pelangi 2015,” katanya.
Sementara itu, untuk mencegah terjadinya kemacetan di kegiatan FLP 2015 di Jalan Tanjungtinggi, sekitar kawasan Lor In Hotel, Polisi rencananya akan menutup akses jalan tersebut. Dikatakan Kabag Ops, rencana jalan akan dialihkan ke jalur alternatif di sekitar lokasi.
“Untuk pengalihan jalan, alternatifnya melewati Jalan Air Merbau Sijuk, jika hendak ke Tanjung tinggi. Saya menghimbau kepada masyarakat, yang tidak berkepentingan jangan melewati jalan tersebut (Lor In,red) tersebut demi suksesnya kegiatan. Sebab, jika tak dihindari, bisa memicu potensi kemacetan lalu lintas yang bisa membuat tidak nyaman pengguna jalan maupun pengunjung festival,” pungkasnya. (kin)