Polisi Siap Amankan Lebaran

by -

*Operasi Ramadniya Menumbing 2017, dimulai

TANJUNGPANDAN – Ada yang unik dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadan dan Hari Raya Ramadniya Menumbing 2017. Biasanya kegiatan ini dilakukan di Mapolres Belitung, namun kali ini apel akbar itu dilaksanakan di Pantai Tanjung Pendam, Senin (19/6) kemarin.

Bupati Belitung Sahani Saleh menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan. Terlihat hadir diacara ini Kapolres Belitung AKBP Sunandar, Kasdim 0414 Belitung Mayor Inf Ruhin, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Nav Chandrasa Yudha, dan Komandan Batalyon Brimob Detasemen B Babel AKBP Wahyu Dharmalaksana.

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi terlihat, meski kondisi panas menyengat sejumlah pasukan yang terdiri dari Polisi, TNI AD, TNI AU, Pol PP Kabupaten Belitung, serta organisasi lain seperti Orari terlihat khidmat mengikuti apel ini.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, kegiatan apel akbar ini merupakan wujud kesiapan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat menjelang Idul Fitri. Sehingga, masyarakat yang mudik aman.

Dijelaskan pria yang akrab disapa Sanem ini ada tiga poin utama yang dilakukan dalam Operasi Ramadniya Menumbing 2017. Yakni menjaga kestabilan harga pangan, menjaga keamanan pemudik. Selain itu juga menjaga agar aksi kriminalitas seperti, pencurian rumah kosong, jambret tidak terjadi di Belitung.

“Kami juga meminta kepada Bhabinkamtibmas dan inteljen untuk terus mengawasi rumah-rumah yang kosong, khususnya waktu ditinggal pemilik saat mudik,” kata Sanem.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Sunandar mengatakan, pihaknya menyatakan siap mengamankan Lebaran di Belitung. Sejumlah posko akan didirikan di titik-titik tertentu, di antaranya Posko Bandara HAS Hanandjoeddin, Posko Pelabuhan, dan Posko Pantai Tanjungpendam.

Mengenai lokasi di Tanjungpendam, AKBP Sunandar mengaku ia ingin memberikan hal yang beda. Agar kegiatan ini masyarakat dapat menyaksikan dimulainnya, Operasi Ramadnia  Menumbing 2017.

Ketika disinggung mengenai adanya lokasi-lokasi yang menjadi pusat perhatian, menyatakan belum ada. Kemungkinan yang menjadi fokus pengamanan pasca lebaran di lokasi-lokasi tempat wisata.

“Kami sudah mengintruksikan ke Kapolsek-kapolsek di Belitung yang di lokasinya ada tempat wisata, agar terus melakukan patroli dan mengantisipasi terjadinya tindak pidana kriminal,” kata AKBP Sunandar, kepada Belitong Ekspres. (kin)