Polisi Tak Bosan Gelar Razia Pekat

by -

*Dinilai Angka Pelanggaran di Masyarakat Berkurang

foto A kabag ops Kompol M Nizar saat memberikan pembinaan kepada para pemuda yang terjaring razia.

FOTO: AINUL YAKIN/BE
PEMBINAAN: Kabag ops Kompol M Nizar (kiri) saat memberikan pembinaan kepada para pemuda yang terjaring razia.

TANJUNGPANDAN- Upaya Polres Belitung dalam mencegah terjadi kejahatan yang disebabkan pengaruh minuman keras di Belitung layak diancung jempol. Pasalnya, kurang lebih empat bulan melakukan operasi penyakit masyarakat (pekat), pemuda yang nongkrong dan pesta miras semakin berkurang.
Hal tersebut terbukti, saat razia miras dan pekat, Sabtu (21/3) akhir pekan lalu. Dalam razia ini, polisi hanya mengamankan empat pemuda yang tertangkap tangan mengkonsumsi minuman keras jenis arak.
Mereka pun diamankan di dua tempat berbeda, diantaranya Jalan Siburik dan Pelabuhan Ikan Tanjungpandan. Sedangkan di lokasi yang menjadi target utama, seperti di Jalan Patimura, Tanjungpendam dan RSUD Aik Raya, Polisi tidak menemukan adanya pesta miras.

Mereka adalah muka-muka baru yang diamankan polisi, salah satunya April warga Pegantungan. Dia rela menempuh perjalan jauh dari kediamannya ke Tanjungpandan hanya untuk membeli sekadqar arak. Namun, sayangnya polisi mengamankan dia saat berada di Pelabuhan Ikan.
“Saya ndak¬† tahu, kalau di Tanjungpandan sering razia. Saya baru pertama kali beli arak di sini (Tanjungpandan,red), soalnya di daerah kami orang jual arak sudah jarang,” ujar pemuda ini kepada Belitong Ekspres, Minggu (22/3) dini hari kemarin.

Keempat pemuda yang diamankan, akhirnya dipulangkan, setelah membuat surat pernyataan bahwa dia tidak akan mengulanggi perbuatannya. “Saya janji, setelah pulang ini, tidak akan minum atau beli arak lagi di Tanjungpandan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, kegiatan ini terus dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal yang disebabkan pengaruh minuman keras di Belitung. “Kami akan terus melakukan razia, hingga Belitung benar-benar bersih dari minuman keras,” ujar Kapolres.
Selain itu, AKBP Candra Sukma Kumara menegaskan, dirinya¬† tetap komitmen untuk memberantas peredaran miras ilegal di Belitung. “Kami sudah berkordinasi dengan Kabag Ops, segala bentuk miras yang tanpa izin, harus ditindak,” tegas Kapolres. (kin)