Polisi Tangkap Kapal Ikan

by -

TOBOALI – Satu kapal ikan tanpa dilengkapi surat dokumen berhasil diamankan Satuan Polisi Perairan Bangka Selatan (Basel) di perairan Tanjung Timur. Kapolres Basel AKBP U Zainuddin mengatakan, penangkapan terhadap kapal nelayan yang bernama Kasih Hati dengan mesin 6 GT ini dilakukan pada Rabu (25/2) sekitar pukul 10.00 WIB.
Dari laporan yang diterima, ujar kapolres, kapal beserta nahkoda Hasan Basri dan 2 ABK Gani dan Nain saat ini sudah dibawa ke Mapolres Basel untuk diperiksa lebih lanjut. “Saat itu Kasat Polair bersama lima anggota melaksanakan patroli diperaian Pulau Dapur. Diperkirakan di Tanjung Timur melihat ada kapal yang sedang bekerja dengan menarik alat tangkap berupa jaring. Kemudian kapal tersebut dihentikan dan setelah diperiksa kapal tersebut tidak memiliki dokumen yang lengkap,” ungkapnya kepada Radar Bangka, Kamis (26/2).
Kemudian, lanjut Zainuddin, kapal tersebut dibawa ke peraian Sadai untuk pemeriksaan lebih lanjut. Barang bukti yang diamankan berupa kapal, tiga tersangka serta ikan dan cumi yang selanjutnya akan dilelang. “Kapal ikan itu tidak memiliki SIPI dan menggunakan alat tangkap yang dilarang sebagai mana pasal 85 UU perikanan nomor 45 tahun 2009 tentang SIUP,” tukasnya.(bim)