Polisi Tangkap Pencuri di Paal Satu

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN-Setelah sekitar dua bulan buron, Polres Belitung berhasil meringkus DPO (Daftar Pencarian Orang) kasus pencurian, uang dan badik, di Jalan Sriwijaya, yang terjadi Jumat (19/12) tahun lalu. Pria yang diketahui bernama Erik alias Enggo (19), warga Jalan Baru Paal Satu ini, diamankan tim Buser Polres Belitung di Pangkal Pinang, tepatnya di Jalan Sudirman, Sabtu, (14/2) lalu, saat berduaan dengan salah satu wanita.
Kronologis penangkapan, bermula saat polisi berhasil mengamankan rekannya bernama Zico warga Gatot Subroto, Tanjungpandan, (31/12) awal tahun lalu di kediamannya. Setelah polisi menangkap Zico, Tim Buser melakukan penyidikan dan pengembangan.

Dari penyidikan tersebut, polisi mengetahui bahwa Enggo berada di Pulau Bangka. Mengetahui hal tersebut, dua anggota Tim Buser yakni, Brigadir Dedy Irmawan dan Bripka Tontosan langsung menuju ke Pulau Bangka, Kamis, (12/2) lalu.
Awalnya polisi sempat kesulitan untuk menemui pelaku dan melacak keberadaannya. Hingga akhirnya polisi mengatur strategi hingga pelaku bisa tertangkap. “Kami pancing pelaku,” ujar Brigadir Dedy seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara kepada Belitong Ekspres, Selasa, (17/2) kemarin.
Usai menyergap pelaku, Tim Buser langsung mengamankan Enggo dan di titipkan ke Polsek Pangkalan Baru. Rencana pelaku dibawa ke Tanjungpandan pada hari Senin, (16/2) lalu. Hingga akhirnya pelaku dibawa ke Tanjungpandan, Selasa (17/2) kemarin.

Baca Juga:  Membandel, Penambang Akhirnya Diringkus Polisi

Setiba di Bandara HAS Hanandjoeddin, Pelaku langsung di Jemput Anggota Buser yang berada di Belitung, untuk digelandang ke Polres Belitung. Hal tersebut, sempat membuat heboh para penumpang di bandara lantaran polisi membawa pelaku kejahatan.

Kasat Reskrim Polres Belitung AKP Joko Handono melalui Kanit Tipiter Ipda Edi Harto mengatakan, tersangka akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP. “Dengan ancaman hukuman di atas 4 Tahun Penjara,” ujar Ipda Edi.

Baca Juga:  Eko Wijaya, Anggota DPR RI: Kerja Nyata, Hasil Nyata

Sementara itu, dari pengakuan tersangka dirinya nekat melakukan perbuatan tersebut lantaran butuh uang. Menurut pria yang sehari-hari bekerja di pelabuhan, pada saat kejadian, dia dan Zico mencari target, dengan memanfaatkan momen, pemilk rumah melaksanakan salat Jumat.
Setelah mencari, akhirnya dia menemukan tempat, yang berdasarkan informasi pemilik adalah orang kaya. “Saat itu, kami sedang mengintai, saat korban berangkat solat, di situ kamu melancarkan aksi,” ujarnya.

Setelah masuk ke dalam rumah, dia langsung mencari barang berharga, setelah mendapatkan barang tersebut, keduanya langsung keluar. Namun, salah satu warga mengetahui hal tersebut, sehingga kedua pelaku kabur. “Saat warga melihat, saya langsung lari. Dan uang dan badik hasil curian langsung kami tinggalkan,” pungkasnya. (kin)

Rate this article!
Tags:
author

Author: