Polisi Tangkap Pencuri di Sekolahan

by -

*Pelaku Suka Mabuk-Mabukan, Tak Punya Uang, Nyuri

foto tengah 1- pencuri smk 2 - Copy

TANJUNGPANDAN-Tak butuh waktu lama anggota Reskrim Polsek Tanjungpandan, mengamankan pelaku pencurian di salah satu sekolahan di Kawasan Air Ketekok, Selasa (18/8) pagi kemarin. Sebab, pada sore harinya, sekitar pukul 17.00 WIB, pelaku dapat dibekuk anggota polisi di kediamannya Jalan Pagar Alam RT 14 RW 7.
Pelaku yang diketahui bernama Yuriko (20) adalah mantan siswa di sekolahan tersebut. Sebelumnya, Polsek Tanjungpandan mendapatkan laporan dari salah satu guru di sekolahan ini lantaran barang-barang yang ada di ruangan sekolah tersebut hilang.
Setelah mendapat laporan tersebut, anggota Reskrim Polsek Tanjungpandan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara di sekolah ini. Dari hasil olah TKP polisi langsung melakukan pencarian terhadap pelaku.
Alhasil hanya dalam waktu tujuh jam, Polsek Tanjungpandan berhasil mengamankan pelaku beserta barang bukti, di kediamannnya. Usai mendapatkan pelaku, polisi langsung membawanya ke sekolah tersebut melakukan renkontruksi kejadian.
Diterangkan pelaku saat renkrontruksi, pada waktu itu, sekitar pukul 01.00 WIB pelaku masuk ke dalam sekolahan ini melalui pintu belakang dengan cara mendobrak. Setelah pintu terbuka pelaku langsung masuk ke dalam ruangan Tata Usaha untuk mengabil laptop.
Setelah dari ruangan ini, pelaku menuju ke ruang kerja kepala sekolah untuk mengambil gitar dan beberapa baju sepakbola. Lantas, pria bertubuh subur ini langsung meninggalkan sekolah.
Dari keterangan tersangka, dirinya mengakui semua perbuatannya. Menurutnya, ia melakukan perbuatan tersebut dalam kondisi tidak sadar. Sebab, usai melakukan pesta miras bersama rekan-rekannya.
“Rencana barang-barang hasil curian ini saya jual. Uangnya saya gunakan untuk membeli minuman keras. ” ujar pelaku kepada Belitong Ekspres, Selasa (18/8) tadi malam, di hadapan orang tua Yuriko dan Kapolsek Tanjungpandan.
Sementara itu, orang tua korban yang enggan disebutkan namanya mengaku terkejut anaknya melakukan perbuatan ini. Sebab, di rumah korban dikenal sebagai sosok pendiam. Namun, orang tuanya sudah mengetahui kebiasaan anaknya yang sering mabuk-mabukan.
“Saya sudah tahu kebiasaan dia tiap hari. Kami sudah mengingatkan kepada Yuriko agar kembali ke jalan yang benar. Bahkan tiap hari, kami suruh sholat dan ngaji tapi dia tetap saja tidak nurut omongan kami,” katanya.
Kapolsek Tanjungpandan Kompol Abdul Azis seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, setelah mendapat laporan dari pihak sekolah, dirinya menugaskan anggotanya untuk mencari keberadaan pelaku.
Berdasarkan rekaman CCTV yang ada di sekolah ini,pelaku diamankan di kediamannya saat tidur.  “Setelah kami geledah di rumahnya, ditemukan barang bukti yang dicuri diantaranya gitar listrik dan notebook,” katanya.

“Seluruh barang bukti sudah kami amankan. Termasuk motor metik pelaku saat menjalankan aksinya. Atas perbuatannya pelaku dikenakan Pasal 363 ayat 3 KUHP, dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara,” sambungnya. (kin)