Polres Belitung Rapid Test 6 Tersangka Narkoba, Perkara Siap Dilimpahkan

by -
Polres Belitung Rapid Test 6 Tersangka Narkoba, Perkara Siap Dilimpahkan
Salah satu petugas rumah sakit saat melakukan rapid test didampingi anggota Sat Narkoba Polres Belitung, Senin (22/6).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Sebelum perkara dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung, enam tersangka kasus penyalahgunaan narkoba dilakukan rapid test oleh Jajaran Sat Narkoba Polres Belitung, Senin (22/6).

Dari rapid test yang dilakukan bekerjasama dengan salah satu rumah sakit di Belitung ini, keenam tersangka yang berinisial D, DJ, RD, YW, Ap dan KR hasilnya non reaktif, alias negatif. Sehingga mereka bisa diserahkan ke Kejari Belitung.

Kasat Narkoba Polres Belitung AKP Naek Hutahaean mengatakan, rencananya besok (hari ini,red) mereka akan dilimpahkan ke kejaksaan. Sebab berkas P21 sudah lengkap. Untuk persyaratan agar bisa dilimpahkan salah satunya harus dirapid test.

“Dari siang hingga sore kita menunggu hasil. Akhirnya pukul 16.00 WIB hasil sudah keluar. Dari hasil rapid test ke enam tersangka ini negatif,” kata AKP Naek Hutahaean kepada Belitong Ekspres.

Dijelaskan AKP Naek, keenam tersangka ini merupakan tangkapan Jajaran Sat Narkoba saat Operasi Anti Narkoba Februari 2020 lalu. Berhubung kendala pandemi Covid – 19 proses pengiriman berkas menjadi kendala.

Setelah dilakukan rapid test, Naek berharap tahanan ke enam tahanan tersebut, dilimpahkan jaksa ke Lapas Kelas IIB Cerucuk. Pasalnya, saat ini jumlah tahanan yang ada di Polres Belitung cukup banyak.

“Sehingga jumlah penghuni tidak numpuk di Polres. Apalagi dari hasil rapid test sudah dinyatakan negatif. Sehingga mereka bisa dilimpahkan ke lapas,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, selama Operasi Antik yang digelar Februari hingga awal Maret 2020, Sat Narkoba Polres Belitung mengamankan enam orang tersangka penyalahgunaan narkoba. Usai operasi, polisi kembali mengamankan dua orang pelaku penyalahgunaan barang haram itu.

Pada saat Konferensi Pers yang digelar di Mapolres Belitung, Rabu (11/3) lalu, polisi merilis nama-nama pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Termasuk barang bukti narkoba jenis sabu-sabu dan belasan handphone.

Dari hasil Operasi Antik 2020 jajarannya mengamankan kurang lebih 20 gram sabu dan beberapa unit handphone dari masing-masing tersangka tersebut. Keenam tersangka tersebut masing-masing berinisial S, DJ, ES, YW, AP dan KR.

Mereka merupakan warga yang berdomisili di Kecamatan Tanjungpandan. Keenam pelaku yang ditetapkan sebagai tersangka ini, ditangkap setelah mendapat informasi dari masyarakat. (kin)

Editor: Yudiansyah