Polres Beltim Adakan Pameran dan Kontes Batu se-Babel

by -

MANGGAR – Pecinta dan pehobi batu-batuan dari berbagai daerah, dipastikan hadir mengikuti pameran dan lomba batu terbesar se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang diadakan Polres Belitung Timur, 7 hingga 9 Agustus 2015. Tak tanggung-tanggung, hadiah puluhan juta rupiah dan doorprize sepeda motor telah disiapkan panitia untuk pemenang lomba.

Ketua Panitia Pameran dan Kontes Batu, Kompol Yusuf Rusman mengatakan, pameran terbuka bagi siapa saja yang berminat tanpa pembatasan jumlah peserta. Sedangkan kontes batu, akan memperlombakan bermacam-macam jenis batu Kinyang sebagai ikon Bangka Belitung.

“Kita sudah siapkan sebanyak 10 tenda besar. Tenda akan dipasang di halaman Mapolres membentuk keliling huruf U. Disitulah nanti akan berdiri stand-stand pameran khusus batu,” jelas Kompol Yusuf di sela-sela persiapan, Rabu (5/8) kemarin.

Adapun jenis batu yang akan diperlombakan meliputi kinyang air (natural rock crystal), kinyang karang (phantom quartz), kinyang teh (smoky quartz), batu unik/antik/langka, batu Chalsedony, batu gambar dan kinyang cutting.

“Pameran akan berlangsung dari tanggal 7, 8 dan 9 Agustus. Tapi khusus kontes batunya akan diadakan tanggal 9. Silahkan nanti ikut sesuai jenis batu yang dimiliki peserta,” kata pejabat melati satu tersebut.

Hingga kini, panitia sudah menerima 20 peserta yang siap mengikuti pameran. Jumlah tersebut masih akan bertambah, mengingat kontak panitia terus dihubungi untuk mendaftar. Sedangkan peserta kontes batu diperkirakan akan mendapat perhatian pecinta batu, karena hadiah yang disiapkan cukup besar dan doorprize bagi yang beruntung.

“Juara 1 disetiap kategori akan mendapat uang tunai Rp. 3juta, juara 2 mendapat Rp. 2juta dan juara 3 mendapat Rp. 1juta. Plus ada doorprize yang diundi diakhir kegiatan,” terang Kompol Yusuf.

Ia menambahkan, kegiatan pameran dan kontes batu sengaja diadakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-70. Inisiatif kegiatan diambil Polres Beltim karena tingginya permintaan pecinta dan pehobi batu dari dalam maupun luar pulau Belitung.

Bagi yang berminat mendaftar, dipersilahkan menghubungi contact person atas nama Andri 081933349297, Yusuf 081929572227 dan Micel 081272941234.

“Kita juga mendatangkan juri nasional dari Jakarta. Mereka cukup mumpuni menilai kualitas dan penentuan kriteria batu yang bagus,” tandasnya. (feb)