Polres Gencarkan Sosialisasi Tertib Lalu Lintas

by -

*Pemasangan Peringatan Sampai Pasang Spandauk dan Baliho

foto A

Foto : ainul yakin/be
Baliho yang dipasang di Jalan Sijuk agar warga sadar dan ingat terus akan pentingnya tertib berlalu lintas demi keselamatan jiwa dan raga.

TANJUNGPANDAN- Polres Belitung terus melakukan upaya, untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di Belitung. Salah satunya memasang baliho-baliho besar di seputaran Jalan Sudirman hingga ke Jalan Sriwijaya, Selasa (17/3) kemarin.
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Drs Gatot Subiyaktoro mengatakan, dirinya menyambut baik langkah Polres Belitung memasang baliho-baliho besar di seputaran jalan, sebagai peringatan agar masyarakat berhati-hati berkendara.

“Saya berharap dengan adanya baliho-baliho besar ini, masyarakat bisa membaca dan sadar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas,” ujar Kapolda kepada Belitong Ekspres, Sabtu, (14/3) akhir pekan lalu.

Kapolda menambahkan, penyebab utama kecelakaan di Belitung lantaran, masyarakat tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Misalnya tidak memakai helm dan berkebut-kebutan di jalan raya.
“Kondisi jalan di Belitung ini mulus. Setiap orang, yang berkendara pasti ingin melaju dengan kecepatan tinggi. Sehingga dengan kecepatan tersebut, orang tidak dapat mengkontrol, hingga akhirnya terjadilah kecelakaan,” kata Kapolda.

Kapolda menghimbau kepada masyarakat Belitung, agar berhati-hati saat berkendara. “Patuhi rambu-rambu lalu lintas, serta gunakan helm berstandar SNI. Selain itu, jangan berkendara jika dalam kondisi mabuk, atau pengaruh obat,” pungkasnya.

Sementara itu di Sijuk, Kapolsek Sijuk AKP Kaya Simantumpang memberikan pengarahan pada Siswa SD tentang berlalu lintas. Kegiatan ini digelar di SDN 11 Sijuk, Selasa (17/3) kemarin. Para siswa-siswi namapak anutusias mengikuti kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini kami gelar untuk memberikan arahan kepada siswa sejak dini agar tertib berlalu lintas. Sehingga, nanti kalau mereka sudah dewasa, dapat mengerti bagaimana tata cara mengendarai kendaraan dengan baik dan benar,” ujar Kapolsek Sijuk.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolda Babel sempat menyebut hamper 90 persen kecelakaan di Belitung terjadi dengan kondisi korban luka parah hingga meninggal dunia. Dengan kondisi ini, maka polisi merasa amat perlu untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas.(kin)