Polres Serahkan 16 Walpri

by -

//Kawal 4 Paslon Selama Pilkada

TANJUNGPANDAN – Guna memberikan rasa aman bagi empat pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati 2018, Polres Belitung menyerahkan16 anggotanya untuk menjadi Pengawal Pribadi (Walpri). Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, masing-masing calon Bupati dan Wakil Bupati mendapat dua Walpri berpakaian safari.

“Untuk anggota Walpri ini sudah kita dikirim ke masing-masing pasangan calon. Penyerahan juga telah ditandatanggani pasangan calon di Gedung Nasional kemarin,” kata AKBP Yudhis, Rabu (14/2).
Penyerahan anggota Walpri dilakukan pasca penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung. Anggota Polres Belitung yang menjadi Walpri sudah dilatih dengan keahlian khusus.

Saat ini, 16 Walpri sudah mulai ditugaskan untuk mengawal para paslon tersebut. Mereka bertugas mulai dari masa kampanye hingga pencoblosan. Meski begitu, Walpri tersebut tetap harus netral.

Petahana Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, dirinya siap menerima 2 Walpri yang sudah ditetapkan oleh Polres Belitung. Menurutnya, dia sudah tidak asing dengan pengawal pribadi.

Sebab, saat dia menjabat sebagai Bupati Belitung kurang lebih empat tahun. Kemana pun dia bertugas selalu dikawal oleh anggota Polres Belitung bertugas menjaganya.

Bahkan, dia akan menggembleng para anggota polisi ini untuk naik sepeda saat melakukan kampanye. “Nanti kalau saya kampanye, mereka yang mengawal harus pakai sepeda ontel,” ujar Sahani Saleh, sambil tersenyum.

Sementara itu, calon Bupati Belitung Hellyana sebelumnya meminta kepada Kapolres Belitung AKBP Yudhis, untuk memberikan Polisi Wanita (Polwan) untuk aktivitas di Pilkada 2018. Namun, hal itu tidak bisa dipenuhi.

Sebab, di Polres Belitung belum ada Polwan yang sesuai dengan keinginan Hellyana. Sehingga Polres Belitung memberikan dua orang polisi laki-laki untuk mengawalnya. Dan akhirnya, Politikus PPP ini menerima dua Walpri tersebut.

Sama halnya dengan calon Bupati Azwardy Azhar dan calon Bupati Saparudin Andi Lanna. Mereka menyatakan sudah menerima masing-masing 2 Walpri yang dikirim Polres Belitung untuk mengawalnya selama proses Pilkada 2018. (kin)