Polres Serahkan Berkas Tahap Satu pada Kejari

by -3 views

*Kasus Narkoba dengan Tersangka Maswari alias Kacha

TANJUNGPANDAN-Setelah melakukan penyelidikan dan penyidikan, Polres Belitung melimpahkan berkas tahap satu bandar narkoba di Belitung Maswari alias Kacha ke Kejaksaan Negeri Beliung, Selasa (27/9) kemarin.

Kabag Ops Polres Belitung Kompol Siswo Dwi Nugroho mengatakan, pihak Polres Belitung sudah melakukan penyidikan mulai dari pelaku, hingga saksi-saksi yang berada di lokasi saat penangkapan.

M/enurut Kabag Ops, beberapa minggu lalu pihak kepolisian sudah mengirim Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan. Setelah persyaratan dan petunjuk dari Kejaksaan dipenuhi, Polres Belitung mengirim berkas tahap satu itu.

“Berkas sudah kita kirim. Selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan jaksa mengenai tahap selanjutnya,” ujarnya kepada Belitong Ekspres, Selasa (27/9) kemari, di Mapolres Belitung.

Polres Belitung menegaskan, tidak akan main-main untuk memberantas peredaran narkoba di Belitung. Sebab, barang haram tersebut dapat merusak generasi bangsa. Bahkan, Polres Belitung menyatakan perang terhadap narkoba.

“Jangan main-main dengan narkoba, siapapun yang terbukti akan kita tindak. Bukti nyata kami, kita sudah memecat anggota Polres Belitung (Bripka Eko), yang terlibat kasus narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Belitung Richard Marpaung membenarkan adanya berkas tahap satu yang dilimpahkan Polres Belitung ke Kejaksaan. Saat ini berkas itu masih diteliti hingga 14 hari ke depan.

“Setelah diteliti kita akan menentukan sikap. Selain itu, kita sudah menyiapkan dua Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam menanggani kasus ini,” ujar Richard.

Seperti diberitakan Belitong Ekspres, Selasa (30/9) lalu,  setelah beberapa lama diincar, akhirnya Bandar narkoba di Belitung berhasil disergap Jajaran Polres Belitung, Sabtu (27/8) lalu. Pelaku yang diketahui bernama Masrawi alias Kacha alias Kacong (34)  warga Jalan Kamboja III RT 20 RW 5 ini, ditangkap di Bandara HAS Hanandjoeddin, usai turun dari pesawat. (kin)