Polres Siapkan 12 Walpri

by -

MANGGAR – Kepolisian Resor (Polres) Belitung timur (Beltim) menyiapkan personel khusus untuk mengawal calon Bupati dan calon Wakil Bupati Beltim usai KPUD setempat menetapkan pasangan calon (Paslon) kepala daerah pada Senin (24/8) kemarin.

“Ada 12 personel untuk mengawal Paslon kepala daerah yang dilakukan melalui pengamanan tertutup jelang Pilkada Beltim,” ungkap Kapolres Beltim AKBP Nugrah Trihadi S.ik, Senin (24/8) kemarin.

Menurut dia, dari 12 personel pengawal pribadi (Walpri) masing-masing calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) akan mendapatkan pengamanan sebanyak dua personel berpakaian sipil.

“Pengamanan yang dilakukan terhadap calon kepala daerah yang sudah ditetapkan sebagai pasangan cabup-cawabup Beltim 2015-2020 dilakukan secara melekat, sehingga pengawal juga harus siaga selama 24 jam,” tuturnya.

Personel  kepolisian yang bertugas melakukan pengawalan melekat akan terus mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Baik yang akan dilakukan pasangan calon kepala daerah di tempat kerja dan di rumah cabup-cawabup.

Pengamanan melekat itu, lanjut dia, sudah sesuai dengan prosedur pengamanan Polri karena Polres Beltim tidak ingin “kecolongan” seperti apa yang tidak kita harapkan.

“Pengamanan melekat akan dilakukan sejak penetapan calon kepala daerah oleh KPUD Beltim, hingga tujuh hari sesudah dilantik Bupati dan Wakil Bupati Beltim terpilih,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, pengamanan terbuka juga dilakukan pada saat pasangan calon kepala daerah melakukan sejumlah rangkaian kegiatan. Sehingga pasangan cabup-cawabup dapat merasa tenang dan aman saat melakukan kegiatan.

“Kami juga meningkatkan pengamanan terhadap pejabat penyelenggara pemilihan umum kepala daerah (pilkada) baik KPUD maupun Panwaslu,” tukasnya.

Bukan hanya itu, jajaran Polres Beltim juga menyiagakan personel untuk mengamankan pelaksanaan pilkada setempat pada 9 Desember 2015 mendatang. (feb)