Polsek Gantung Amankan Kayu Tak Bertuan

by -

*Diduga Hasil Penebangan Liar di HL Gunung Sepang

 

Kayu olahan berupa balok dan rehel tak bertuan yang ditemukan Kapolsek Gantung Iptu Ryan Faisal saat mendatangi kawasan HL Gunung Sepang Desa Simpang Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Senin (4/5).

GANTUNG – Jajaran Polsek Gantung berhasil mengamankan puluhan kayu balok dan rehel berukuran sedang, yang tidak bertuan di kawasan Hutan Lindung (HL) Gunung Sepang Desa Simpang Renggiang Kecamatan Simpang Renggiang, Senin (4/5).

Kayu olahan yang tak bertuan itu diperkirakan mencapai tiga kubik, dengan masing-masing kubik memiliki sekitar 24 batang. Balok dan rehel tersebut, kini sudah diamankan di halaman Polsek Gantung, untuk segera keperluan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolsek Gantung, Iptu Ryan Faisal, seizin Kapolres Beltim, AKBP Nugrah Trihadi Sik mengatakan, penemuan balok tidak bertuan berdasarkan informasi dari masyarakat. Sejumlah masyarakat menyebutkan bahwa ada aktivitas penebangan pohon secara ilegal di kawasan HL Gunung Sepang Desa Simpang Renggiang. Setelah dilakukan pengecekan di kawasan Hutan Lindung tersebut, ternyata benar adanya.

Namun sayangnya, saat berada di TKP (tempat kejadian perkara-red), polisi tidak menemukan pemilik dari balok-balok itu. Petugas hanya mendapati balok t sudah dalam keadaan tertumpuh di antara hutan belantara.

“Waktu kita ke lokasi hanya menemukan balok-balok itu saja, pemilik atau pekerjanya sudah tidak ada. Dugaan memang ada aktivitas penebangan liar di daerah itu. Jadi kita angkut semuanya ke polsek untuk diamankan,” ungkap Ryan kepada Belitong Ekspres, Selasa (5/5) kemarin.

Iptu Ryan menjelaskan, kayu – kayu yang ditemukan yaitu berupa kayu jenis rehel dan balok. Jumlah dari kayu yang sudah diolah tersebut, diperkirakan sekitar sebanyak tiga kubik.

“Jenisnya rehel atau balok, dan memang kayu ini kelihatannya sudah siap untuk di ngkut keluar hutan. Apalagi, balok-balok ini juga sudah diolah,” ucap Akpol lulusan tahun 2009 itu.
Atas penemuan kayu tak betujuan itu, Iptu Rian menghimbau kepada masyarakat jika melihat atau menemukan aktifitas yang mencurigakan agar segera melaporkan ke pihak yang berwajib. Tujuannya agar tercipta kondisi aman, tertib dan kondusif di Beltim sesuai dengan harapan semua pihak dan lapisan masyarakat. (feb)