Pos Tugu Nanas Resmi Beroperasi

by -4 views
Jajaran Satlantas Polres Belitung saat melakukan ritual peresmian Pos Tugu Nanas.
Jajaran Satlantas Polres Belitung saat melakukan ritual peresmian Pos Tugu Nanas.

//Fungsinya untuk Mengatur Lalu Lintas

BADAU – Pos Lalu Lintas (PosLantas) Tugu Nanas Badau, yang terletak di simpang empat Dusun Air Mungkui, Desa Buluh Tumbang, Kecamatan Tanjungpandan, resmi beroperasi, Sabtu (25/8) akhir pekan lalu.

Sebelum pos polisi diungsikan, Jajaran Satlantas Polres Belitung menggelar tasyakuran dengan masyarakat sekitar.

Yakni melakukan ritual selamatan, setelah itu dilaksanakan sejumlah hiburan.

Kasatlantas Polres Belitung AKP Noval Nanusa G Desky mengatakan, pembangunan markas baru ini dilaksanakan sejak awal tahun 2018 lalu, dan selesai pada pertengahan bulan Agustus lalu.

Dia menjelaskan, fungsi dari Pos Tugu Nanas sama halnya dengan yang ada di Tugu Satam. Yakni mengatur lalu lintas. Ide awal pembuatan tempat ini lantaran banyak kecelakaan yang terjadi di kawasan tersebut.

Belum lagi, kawasan itu pada saat musim panen sering terjadi pencurian. Diharapkan, dengan adanya pos ini dapat mengantisipasi adanya tindak kejahatan yang di kawasan Air Mungkui hingga Badau.

Ada yang unik dalam pembuatan pos itu. Yakni disamping bangunan berwarna putih terdapat patung nanas.

“Nanas identik dengan warga Badau. Makanya, kita beri patung itu, di sampingnya,” pungkasnya.

Suhandi salah satu warga Air Mungkin, mendukung adanya pos polisi di tempatnya. Sebab, dengan adanya kantor itu, akan menambah keamanan di kampong tersebut. Apalagi, tiap hari Minggu sering ada balap liar.

“Adanya pos ini kita jamin tidak ada lagi anak-anak muda yang balap liar disini. Dan juga, kondisi di Badau akan kondusif. Apalagi dalam waktu dekat akan ada pemilu,” katanya. (kin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *