Positif Covid-19 Bertambah 6, Pasien Meninggal Dunia Sudah 11 Orang

by -
Positif Covid-19 Bertambah 6, Pasien Meninggal Dunia Sudah 11 Orang
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung kembali menyampaikan 1 pasien positif Covid-19 meninggal dunia dan 6 tambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Senin (4/1) kemarin.

“Innalillahi wainnailaihi rojiun, kabar duka kami sampaikan dari pasien dengan nomor ID 4054, perempuan, pekerjaan pensiunan PNS, berumur 60 tahun, beralamat di Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan,” Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Belitung, H Sahani Saleh dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Bupati Belitung yang karib disapa Sanem, pasien 4054 merupakan pasien dengan komorbid. Pasien ini meninggal dunia pada Senin (04/01) pukul 00.08 WIB di RSUD dr H Marsidi Judono dan akan dimakamkan sesuai pedoman tata laksana pemakaman kasus positif Covid-19.

Sementara 6 tambahan pasien positif berdasarkan hasil Swab PCR Labkesda Provinsi Babel. Yaitu, pasien 3945 inisial SP laki-laki (64), pasien 3947 inisial SN perempuan (45), pasien 3949 inisial CN laki-laki (69), pasien 3950 inisial SM perempaun (62), pasien 3955 inisial EL perempuan (61) dan pasien 4055 inisial EJ perempuan (53).

Sanem memaparkan, pasien 3945 adalah seorang pensiunan, dilakukan Swab PCR dikarenakan hasil rapid test antigen reaktif, yang beralamat di Desa Air Ketekok Kecamatan Tanjungpandan. “Pasien ini merupakan pasien dengan gejala ringan dan telah menjalankan isolasi mandiri,” sebutnya.

Pasien 3947 adalah ibu rumah tangga (IRT) dilakukan Swab PCR dikarenakan hasil rapid test antigen reaktif, yang beralamat di Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan. Pasien ini merupakan pasien dengan gejala ringan dan telah menjalankan isolasi mandiri.

Selanjutnya pasien 3949 adalah pekerja swasta kontak dari pasien 3183, yang beralamat di Desa Dukong Kecamatan Tanjungpandan. Pasien ini merupakan pasien dengan gejala ringan dan telah menjalankan isolasi mandiri.

Kemudian pasien 3950 adalah ibu rumah tangga, kontak dari pasien 3183 yang beralamat di Desa Dukong Kecamatan Tanjungpandan. Pasien ini merupakan pasien dengan gejala ringan dan telah menjalankan isolasi mandiri.

“Untuk pasien 3955 adalah ibu rumah tangga, kontak dari pasien 3940 yang beralamat di Kelurahan Kota Kecamatan Tanjungpandan. Dia merupakan pasien dengan gejala ringan dan telah menjalankan isolasi mandiri,” tukas Sanem.

Dia menambahkan, pasien 4055 adalah ibu rumah tangga dilakukan Swab PCR dikarenakan hasil rapid test antigen reaktif, yang beralamat di Desa Air Saga. Pasien ini merupakan pasien dengan gejala ringan dan telah menjalankan isolasi mandiri.

Dengan penambahan kasus baru tersebut, maka jumlah seluruh kasus positif Covid-19 di Kabupaten Belitung mencapai 280 orang. Dengan rincian 259 orang sembuh, 11 orang meninggal dunia dan 10 orang masih menjalani perawatan. “Jumlah kasus positif Covid-19 yang tersisa saat ini ada sebanyak 10 orang,” terangnya.

Adapun 10 pasien positif Covid-19 ini sekarang masih menjalani perawatan dan karantina intensif. Masing-masing 3 orang di RSUD, 3 orang di SKB Tanjungpandan dan 4 orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinas Kesehatan setempat. “Hari ini juga ada 6 kasus yang selesai karantina,” sebutnya.

Sanem mengimbau masyarakat untuk senantiasa disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan. (dod)