banner 728x90

Potensi Besar, PAD Belum Maksimal

Life at ease with amazing nature| Leebong island

*Pemprov Genjot Sektor Bagi Hasil Pajak

PANGKALPINANG– Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) berupaya menggenjot
Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor bagi hasil pajak maupun non pajak. Dimana  pendapatan daerah ini bersumber dari dana perimbangan yang terdiri atas dana bagi hasil dari sektor pajak seperti PBB dan PPh serta Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam yang salah satunya berasal dari pertambangan umum yaitu royalti dan landrent.

Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan Setda Provinsi Babel, Syahrudin mengatakan bahwa penerimaan tersebut dialokasikan didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mendanai kebutuhan pembangunan daerah dalam rangka desentralisasi.

“Realisasi sektor penerimaan ini belum sesuai harapan bila melihat potensi yang dimiliki oleh Babel. Padahal banyak perusahaan perkebunan, perusahaan pertambangan bahkan kehutanan yang berinvestasi, beroperasi dan bereksploitasi di kepulauan Babel yang dapat meningkatkan penerimaan bagi hasil pajak bumi dan bangunan serta bagi hasil SDA pertambangan umum,” bebernya saat Rapat Koordinasi Dana Bagi Hasil Pajak Dan Dana Bagi Hasil Bukan Pajak Sektor Pertambangan Umum di gelar di Ruang Pertemuan BKPSDM Provinsi Babel, Kamis, (18/5).

Diakui Syahrudin, selama ini Babel masih bergantung pada penerimaan sektor tersebut. Hanya saja Pemda kesulitan mendapatkan data-data yang akurat mengenai potensi-potensi tangan ada.  “Untuk itu kita harus menggali semua potensi yang kita miliki, dan upayanya dapat dimulai dengan pengumpulan data dan informasi, selanjutnya baru melakukan tindakan sesuai strategi,” tekannya.

Ia juga mengharapkan agar Kantor Pelayanan Pajak Pratama bisa secara maksimal menyerap perpajakan dari hasil pertambangan.  “Kantor Pelayanan Pajak Pratama selaku leading sektor dibidang perpajakan dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral selaku leading sektor pertambangan agar dapat lebih proaktif dalam menggerakan mitranya,” tutupnya. (Fiz)

Rate this article!
Tags:
author

Author: