Potensi Ekspor Cumi-Cumi Belitung Cukup Menjanjikan

by -
Potensi Ekspor Cumi-Cumi Belitung Cukup Menjanjikan
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri mengatakan, cumi-cumi dari Kabupaten Belitung memiliki kwalitas yang cukup baik dibandingkan dari daerah lainnya. Selain memiliki tekstur yang kenyal juga, memiliki ukuran yang cukup besar.

“Potensinya cukup bagus dan menjanjikan. Artinya kualitasnya diakui lebih baik dari daerah lain. Bahkan dalam satu tahun potensi cumi dari Belitung bisa mencapai 642 ton. Hal ini tidak terlepas dari ekosistem laut kita yang masih lestari sehingga populasinya juga tetap terjaga,” ujarnya kepada Belitong Ekspres akhir pekan lalu.

Dijelaskannya, pada triwulan pertama bulan Januari hingga Maret Tahun 2020 pengiriman cumi-cumi ke luar daerah mencapai 182,5 ton. Sedangkan pada paruh triwulan kedua yakni bulan Mei dan April mencapai 110, 3 ton. “Kalau paling tinggi pengiriman ada di bulan April sebanyak 57,4 ton namun tangkapan cumi memang tergantung musim,” katanya.

Menurutnya, dengan kwalitas yang baik harga cumi yang berasal dari Kabupaten Belitung sedikit berbeda dibandingkan cumi-cumi yang berasal dari perairan daerah lainnya. “Dengan kualitas yang baik harga juga akan berbeda. Kalau di Jakarta bisa orang udah tahu, katanya kalau dari Belitung kualitas cuminya bagus,” tukasnya.

Dia menambahkan, cumi-cumi dari Belitung juga menjadi salah satu komoditas hasil laut unggulan untuk diekspor ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Vietnam. “Ekspornya dalam bentuk beku dan memang menjadi komoditas andalan karena nilainya lumayan besar,” pungkasnya. (rez)

Editor: Yudiansyah