PPI Babel Dituntut Lebih Inovatif, Tak Hanya Urusan Baris-Berbaris

by -
PPI Babel Dituntut Lebih Inovatif, Tak Hanya Urusan Baris-Berbaris
PPI Babel Dituntut Lebih Inovatif, Tak Hanya Urusan Baris-Berbaris
Foto Bersama Pengurus Puma Paskibraka Indonesia (PPI) Babel

Bob Pimpin PPI Babel 2019-2024

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Guna mewujudkan Kaderisasi dalam menjalankan roda organisasi, Pengurus Provinsi Puma Paskibraka Indonesia (PPI) Bangka Belitung (Babel) menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) Ke III, bertempat di Aula Tanjung Pesona Kantor Gubemur Babel, Sabtu (23/11).

Musprov III PPI Babel ini dihadiri oleh Sekjen Pengurus Pusat PPI Eris Anwar Erdaus didampingi Wasekjen Arya Wibisana. Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh tujuh Ketua Pengurus Kabupaten dan Kota sebagai Peserta dan Para Peninjau yang merupakan Anggota Biasa PPI dari masing-masing Kabupaten dan Kota se Bangka Belitung.

Pelaksanaan Musprov ini mengagendakan Penyampaian Laporan Penanggung Jawaban (LPJ) Pengurus Provinsi PPI 2014 2018 yang disampaikan Oleh Wakll Ketua Pengurus Provinsi PPI Babel Pitri Syaprianto, SE. Dan, agenda utama adalah Pemllihan Ketua Pengurus Provinsi PPI Babel Masa Bhakti 2019 – 2024.

Dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Musprov III PPI Babel, Sekjen Pengurus Pusat PPI, Eris Anwar Firdaus, menegaskan, saatnya PPI bergerak lebih global, sesuai dengan salam PPI BIG (Bersahaja, lnovatif dan Global).

Dalam hal ini PPI harus menjalin kemitraan tidak hanya dengan Pemerintah saja dan berorientasi hanya pada Pembinaan Paskibraka saja. Jalin kemitraan dengan berbagai Institusi Pemerintah dan lembaga Swasta dalam hal pembinaan para Purna Paskibraka Indonesia sebagai generasi Muda melalui berbagai kegiatan yang positif.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung, Yovie Agustian Putra, A.Ma. Pust yang turut hadir dalam pelaksaan Musprov Ill PPI ini menyampaikan pandangan umumnya terkait dengan eksistensi PPI Provinsi Babel. Dirinya sangat menyayangkan organisasi sebesar PPI ini hanya menjadi pelengkap upacara saja dan mengurusi baris-berbaris.

PPI Babel Dituntut Lebih Inovatif, Tak Hanya Urusan Baris-Berbaris
Sidang Pleno Ill Musprov PPI Babel 2019

“Karena tidak bisa seperti ini terus. Harus ada gebrakan dari Ketua yang baru nantinya dalam membuat kegiatan-kegiatan yang inovatif dan membangun citra Positif PPI di mata masyarakat dan Pemerintah Daerah. Kepada Ketua PPI Babel yang baru harus enerjik. karena PR-nya sangat banyak”, ujar Yovie.

Seraya menambahkan bahwa PPI sebagai Organisasi Sosial Kemasyarakatan tentunya harus berani tampil di depan sebagai generasi muda yang peka terhadap lingkungan sekitar. Dalam sesi Dialog Penyampaian Visi Misi Calon Ketua, dirinya meminta agar yang disampaikan bukan sebuah retorika, sampaikan apa langkah dan aksi nyata yang akan dilakukan PPI Babel ke depannya.

“Yah, jangan hanya menyusun kata-kata saja, coba langsung to the point apa aksi dan langkah – langkahnya”, tegas yovie yang didampingi oleh Wakil Ketua Pengurus Kabupaten PPI Belitung, Muhammad Yunus.

Dalam Sidang Pleno Ill yang dipimpin oleh Sumantho, SH (PPI 1989), akhirnya terpilih Ferdiyan Hermawan Lubis, SE yang akrab disapa Bob (PPI 1995 Kabupaten Bangka). Ferdiyan unggul suara dari Max Asuandi SH (PPI 1999 Kota Pangkalpinang). Dengan demikian, Ferdiyan Hermawan Lubis, SE akan memimpin kepengurusan PPI Babel 2019-2024.

“Kami Pengurus Kabupaten PPI Belitung mengucapkan selamat Kepada Kak Bob yang terpilih sebagai Ketua Pengurus Provinsi Babel. Kami berharap beliau bisa menjalin sinergi internal dengan Pengurus di Kabupaten / Kota dan juga Sinergi Ekstemal khususnya kepada Pemerintah Provinsi Babel. Harapan Kami beliau berani berinovasi dalam membangun organisasi PPI di Provinsi Bangka Belltung,” tutup Yovie.

Puma Paskibraka Indonesia merupakan Organisasi Alumni Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang benugas setiap tanggal 17 Agustus di tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Dengan banyaknya alumni dari berbagai tingkatan tersebut tentunya memiliki dinamika berhimpun tersendiri. Dalam AD ART nya PPI merupakan Organisasi Sosial Kemasyarakatan. Dari perhimpunan itulah kemudian diharapkan memiliki anggota yang profesional, kreatif serta mampu barkarya nyata untuk Daerah, bangsa dan Negara.

Editor: Subrata
Reporter: Faizal