PPK Gantung Rekap Suara Hari ini

by -

*KPUD Jadwalkan 10-16 Desember di PPK dan 17-18 Rekap Kabupaten

foot B tengah 1 ppk - gantung pilkada 2015

Foto: yudiansyah/be

Kotak suara dari TPS-TPS yang dibawa ke kantor PPK Gantung.

 

 

GANTUNG-Meski Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Beltim menyarankan dimulainya rekapitulasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Jumat (11/12) besok, namun PPK Kecamatan Gantung menjadwalkan pada Kamis (10/12), hari ini. Rencananya, PPK Gantung akan merekap suara dari 51 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di tujuh desa, mulai pukul 09.00 wib, pagi ini.

“Rekapitulasinya dimulai pukul 09.00 wib. Undangan sudah kami sebar ke saksi, paslon, ataupun panwas Kecamatan,” ungkap Ketua PPK Gantung, Andriyono, kepada Belitong Ekspres, Rabu (9/12) kemarin.

Ia memastikan 51 kotak suara dari tujuh Desa akan tiba di Kantor Kecamatan Gantung paling lambat pukul 21.00 wib (tadi malam). “Cuma yang agak lama sampainya dari Pulau Long, karena memang jaraknya jauh. Tapi kita tetap akan nunggu sampai jam 24.00 wib (tadi malam,Red),” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPUD Beltim Pirmawan memastikan rekapitulasi suara di Kecamatan Manggar akan dilaksanakan pada hari Jum’at (11/12) atau dua hari setelah pemilihan. Untuk Kecamatan lainnya, menunggu kesiapan masing-masing PPK setelah menyelesaikan perhitungan suara di TPS.

Terpisah, Komisioner KPUD Beltim Divisi Humas, Kelembagaan dan Sosialisasi, Suro M Siregar mengatakan, sesuai jadwal, rekapitulasi suara di tingkat PPK dilakukan mulai tanggal 10 hingga 16 Desember. Kemudian, tanggal 17 – 18 Desember akan dilakukan rekapitulasi di tingkat Kabupaten.

“Selama dilaksanakan dalam waktu yang ditetapkan tidak ada masalah. Lebih cepat lebih baik. Idealnya memang hari Jum’at (11/12) besok, agar mereka lebih siap, tapi kalau PPK Gantung siap besok (hari ini, red) tidak masalah,” ujar Suro via jaringan telepon, kemarin.

Menurut Suro, setiap PPK yang akan melakukan rekapitulasi akan mengundang seluruh pihak untuk hadir termasuk KPUD dan saksi paslon. Selain itu, rekapitulasi dapat dilaksanakan setelah seluruh hasil perhitungan di TPS terkumpul di Kecamatan.

“Kalau Kecamatan Manggar rencananya hari Jum’at, mungkin karena banyaknya TPS sehingga butuh waktu. Tapi selama tidak lewat dari batas waktu, tidak ada masalah,” tegasnya. (feb)