PPN Imbau Nelayan Waspada Perkiraan Gelombang 2,50 Meter

by -
PPN Imbau Nelayan Waspada Perkiraan Gelombang 2,50 Meter
Kasi Kesyahbandaran PPN Tanjung Pandan, Darmono ketika sedang melihat prakiraan tinggi gelombang di perairan wilayah Belitung

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, mengingatkan nelayan agar mewaspadai terjadinya gelombang tinggi di wilayah perairan Belitung. Demikian diungkapkan Kasi Kesyahbandaran PPN Tanjungpandan, Darmono. “Bagi nelayan yang tetap melaut, kami imbau untuk mengutamakan keselamatan,” kata Darmono saat ditemui belitongekspres.co.id, Senin (06/01/2020).

Menurut dia, berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BMKG Nomor : ME.301/PD/03/APM/I/BMKG-2020 menyatakan tinggi gelombang 1,25 – 2,50 meter berpeluang terjadi di Selat Karimata bagian selatan.

“Kondisi ini sebenarnya masih dalam kategori sedang. Namun, karena ada imbauan dari BMKG, jadi harus tetap waspada dan berhati-hati,” pesannya.

Darmono menambahkan, sejak terjadinya gelombang tinggi dan angin kencang di wilayah Belitung dan sekitarnya, jumlah nelayan yang turun melaut juga berkurang. Biasanya, kata dia, dalam sehari ada sebanyak 30 kapal yang mengajukan permohonan izin turun melaut, namun sekarang hanya sekitar 10 kapal saja.

“Kondisi hasil tangkapan ikan para nelayan juga berkurang saat ini, karena nelayan tidak memaksakan untuk turun melaut,” katanya.

Darmono menambahkan, pihaknya tetap mengacu kepada informasi yang dikeluarkan oleh BMKG terkait prakiraan cuaca di perairan tersebut. “Untuk boleh berlayar atau tidaknya, kami mengacu kepada KSOP, apakah ada imbauan larangan berlayar atau bendera hitam,” ujarnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama