PPP Usung Erzaldi

by -

PANGKALPINANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) ternyata mendapat perhatian khusus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bahkan diakui, rekomendasi untuk mengusung Erzaldi Rosman selaku incumbent bupati saat ini sudah dikeluarkan.
“Benar waktu itu kita sudah menetapkan bupati incumbent (Erzaldi) dan satunya wakil dari partai kita, yakni Ketua DPD PPP Bateng Syahroni,” ujar Ketua Umum (Ketum) DPP PPP, Romahurrozy seusai membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Bangka Belitung (Babel), Sabtu (4/4) di Hotel Bumi Asih Pangkalpinang.
Romi-biasa disapa menambahkan, ketetapan pihaknya mengusung Erzaldi berdasarkan survei yang telah dilakukan. “Kita lihat masyarakat masih menghendaki kepemimpinan pak Erzaldi untuk periode selanjutnya,” jelasnya seraya menegaskan, perhelatan Pilkada 75 kabupaten/kota serentak di Indonesia, DPP akan mengedepankan kader-kader terbaik dari internal partai.
“Kita sepakat Pilkada akan diduduki internal partai. Begitupun dengan untuk koalisi pilkada, tidak ada KMP-KIH karena dinamika atau suhu politik lokal dan nasional tentunya tidak sama. Jadi silahkan bersahabat, bersilat atau bersilahturahmi dengan partai manapun,” kata Romi.
PPP kata Romi tidak sembarangan dalam menentukan calon sebagai ancang-ancang untuk meraup simpati publik. Semisal persoalan masih kurangnya integritas kepala daerah yang tersangkut masalah hukum, juga menjadi perhatian. Terlebih, persentase pemimpin daerah bermasalah hukum terbilang cukup fantastis yakni menyentuh angka 40 persen. Untuk itu, imbuh Romi faktor integritas menjadi syarat utama bagi partai dalam penentuan calon yang akan diusung. “Jadi yang pernah tersangkut juga tidak bisa.  Kita juga akan lihat loyalitasnya, jangan sampai buat program tidak sentuh rakyat dan tidak loyal dengan partai. Tidak ada istilahnya setelah diusung sayonara,” tegasnya.
Selain itu, masalah elektabilitas pun kata Romi tidak kalah penting, karena di era politik modern ini ketertarikan personal masyarakat terhadap calon juga menjadi faktor kuat untuk memenangkan pertarungan. “Karena ini pemilihan langsung mau diterpa isu apapun tapi kalau masyarakat menghendaki pasti akan jadi. Tentunya kapasitas juga kita lihat, bagaimana visi misi calon karena ini akan menentukan maju mundurnya suatu darah,” tukasnya.
Sementara, dalam Muswil kemarin terpilih 7 formatur yang akan bertugas menyusun kepengurusan. Termasuk bermusyawarah memilih ketua dan sekretaris. Masing-masing Rizal Ibrahim, Amri Cahyadi, H Syahroni, Amzahri, Rustam, Depati Amiar Gandhi, dan Sardi.
Tujuh orang yang terpilih sebagai formatur ini nantinya berkewajiban menyusun kepengurusan harian DPW PPP Bangka Belitung periode 2015-2020 mendatang. Dimana DPP PPP dapat mendampingi 7 orang formatur ini dalam bermusyawarah. Dua dari tujuh anggota formatur ini merupakan kader masa depan PPP yang tergolong masih berusia muda, mereka yakni Depati Gandhi dan Amri Cahyadi.
“Idealnya adalah hasil rembukan 7 orang formatur yang telah terpilih secara demokratis pada muswil DPW PPP Babel tadi pagi, sebenarnya sudah sangat kelihatan jelas keinginan arus, bawah akar rumput PPP melalui forum muswil,” kata Depati Gandhi. Dia melanjutkan, sesuai AD/ART partai ditambah lagi arahan ketum Romahurmuziy pada pembukaan muswil, Sabtu (4/4) lalu. Dan selama 14 hari kedepan dimulai hari ini, akan ditentukan siapa yang akan menjadi ketum PPP di Babel.
“Yang jelas siapa pun nantinya yang akan menjadi ketua umum PPP di Babel, wajib mengakomodir seluruh elemen dan kader-kader terbaik partai. Kepengurusan ini penting dan harus cermat karena kepengurusan ini lah yang akan ikut menentukan takdir ekonomi politik, budaya dan arus pembangunan di bumi Babel ini,” terangnya.
Secara politik, tegas Anggota Dewan DPRD Kota Pangkalpinang ini, PPP akan memainkan peran strategis dalam setiap pengambilan kebijakan daerah dan pencapaian prestasi daerah. Dia pun berharap generasi muda PPP agar DPP PPP di Jakarta benar-benar cermat mencermati arah pembangunan dan kebersamaan membangun bangsa dan daerah melalui rekan-rekan formatur terpilih. “Kami juga berterimakasih pada masyarakat Babel yang telah menaruh kepercayaan pada PPP dalam setiap momentum politik. Juga rasa terima kasih yang besar pada segenap pengurus DPP PPP yang telah memberikan kepercayaan sangat besar pada kami PPP Babel mengemban amanah ini. Yakinlah setiap kebijakan yang dirumuskan PPP Babel tidak lain adalah dalam rangka beribadah kepada-Nya,” tandasnya.
Acara yang digelar di Ballroom Hotel Bumi Asih Pangkalpinang itu sendiri, menjadi salah satu muswil dengan didatangi rombongan terbesar yang pernah hadir dalam setiap kali muswil PPP, dimana ada 40 orang dari ikut serta dalam rombongan dari Jakarta ini artinya semua petinggi PPP hadir semua. “Pada prinsipnya kita memakai pola formatur untuk permusyawaratan partai ini untuk menghindari gesekan-gesekan, karena pemilihan langsung yang akan dilakukan dari 2 periode terakhir PPP menimbulkan gesekan setelah musyawarah,” kata ketua Pusat PPP, Romahurmuziy.
Karena itu, ujarnya, dirinya ingin musyawarah ini berlangsung dengan sejuk, damai semua potensi kader terakomodir tidak ada yang dibuang baik yang lama yang baru tetap dirangkul dan semua komponen pendiri partai baik dari NU, Permusi, semuanya tepatkan sesuai dengan potensi yang ada sehingga partai ini kembali menjadi partai besar di kemudian hari. “Kita terus terang dihadapi dengan situasi yang tidak menguntungkan di Babel karena persoalan yang menimpa pimpinan kita dan karena itu mengapa kedepan begitu penting untuk mencari pemimpin-pemimpin yang berintrigritas agar tidak terseret ke persoalan,” tandasnya.(iam/cr61)