PPS Tak Lagi Rekapitulasi Suara

by -

MUNTOK – Sebanyak 36 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Bangka Barat (Babar) diberikan pembekalan melalui bimbingan teknis tentang pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Babar tahun 2015. Kegiatan bimtek yang berlangsung di Hotel Pasadena diikuti oleh masing-masing PPK pada enam kecamatan selama dua hari.
Ketua KPU Bangka Barat Martono mengungkapkan Bimtek ini adalah salah satu cara atau langkah KPU Babar memastikan petugas atau penyelenggara pemilukada mulai dari tingkat KPPS sampai dengan PPK, apakah sudah memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. “Jadi, kegiatan ini juga adalah salah satu langkah kita untuk memastikan apakah petugas kita selaku penyelenggara sudah memiliki pengetahuan atau ketrampilan yang memadai, terutama dalam pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi suara,” ungkap Martono kepada harian ini, Minggu siang (15/11).
Menurutnya, pelaksanaan Bimtek ini sangat penting untuk diikuti oleh PPK maupun KPPS, karena mengapa, salah satu pemicu untuk terjadinya konflik yang terjadi pada penyelenggaraan pilkada adalah salah satunya proses seperti ini, mulai dari pemungutan, perhitungan maupun rekapitulasi. “Untuk itu, kita mengharapkan PPK yang sudah dibekali selama dua hari pada kegiatan Bimtek dapat benar-benar memberikan penjelasan informasi terkait dengan ketiga hal ini (pemungutan, perhitungan dan rekapitulasi suara,red) kepada KPPS nantinya, ketiga hal ini tidak boleh kita anggap remeh, ini penting untuk dicermati terutama bagi penyelenggara pemilu,” ucap Martono.
Dikatakannya, untuk pemungutan dan perhitungan suara pada pilkada 2015 ini masih saja menggunakan mekanisme yang lama atau masih pada mekanisme seperti pelaksanaan pemilu-pemilu sebelumnya. “Sekarang PPS tidak lagi merekap hasil perhitungan suara. Kotak suara langsung diserahkan ke PPK untuk direkapitulasi,” jelasnya.(ray)