Premium Langka Akibat Cuaca

by -
SPBU di Belitung

 

SPBU di Belitung

TANJUNGPANDAN-Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dalam beberapa hari belakangan mulai dirasakan masyarakat. Minimnya BBM yang disalurkan Join bersama (Jober) PT Pertamina Tanjungpandan ke sejumlah SPBU, SPBN dan APMS di Pulau Belitung, lebih disebabkan karena cuaca yang buruk. Jadi, kapal yang hendak merapat nampak mengalami sedikit kesulitan dibandingkan hari-hari biasanya ketika cuaca lebih baik.

“Pertama-tama saya ucapkan permohonan maaf. Namun, mulai hari ini (kemarin, red) kita telah menyalurkan premium seperti biasa. Lantas, kapal sudah masuk pukul 07.50 WIB dan membawa premium sebanyak 1.100 Kiloliter,” ungkap Supervisor Jober PT. Pertamina Tanjungpandan, Heru Oktavian kepada Belitong Ekspres, Selasa (6/12), di kantornya.

Kata Heru, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Jober PT Pertamina Tanjungpandan akan menyalurkan BBM tersebut semaksimal mungkin. Dan siap mengirim pasokan hingga malam hari, apabila masih terdapat kekurangan di sejumlah tempat pengisian disaat sekarang.

“Kalau melihat premium yang sudah masuk tadi pagi (kemarin,red), biasanya mencukupi hingga lima hari ke depan. Namun, jika tidak berhalangan kapal merapat seperti kemarin. Mudah-mudahan akan kembali masuk tiga hari ke depan, BBM jenis premium dengan jumlah yang sam

a,” ungkapnya.

Dijelaskan Heru, jika melihat statistik premium yang masuk perbulan di Pulau Belitung melalui Jober Pertamina Tanjungpandan rata-rata sebanyak lima ribu Kiloliter. Namun, yang dibutuhkan atau disalukan setiap bulan sekitar 4.800 Kiloliter. Sisanya tetap disalurkan, tetapi untuk bulan berikutnya.

”Saya himbau kepada masyarakat supaya tetap tenang. Dan kami siap melayani permintaan masyarakat seperti biasa melalui di sejumlah tempat pengisian. Baik di SPBU, SPBN maupun APMS. Sehingga, penyaluran dapat kembali normal dan terlihat berjalan dengan lancar,” pesannya.

Supervisor Jober PT. Pertamina Tanjungpandan itu membantah keterlambatan ini ada kaitannya ingin mengurangi jumlah pasokan premium. Sebab, sejak pekan lalu, PT. Pertamina mulai mempromosikan BBM jenis pertalite di Belitung.

“Untuk bulan ini permintaan premium masih sama seperti Bulan November sebanyak lima libur kiloliter. Lantas tidak pengurangan premium, meskipun kita telah menjual pertalite. Sebab, berkurangnya penyaluran beberapa hari ini bukan karena ingin mengurangi penyaluran, tetapi sambil menunggu barang yang masuk ke kita,” tandasnya. (mg2)