Produk Gerbang Menulis SMAN 1 Manggar, Zahra Raih Juara Tingkat Nasional

by -
Produk Gerbang Menulis SMAN 1 Manggar, Zahra Raih Juara Tingkat Nasional
Siswi SMAN 1 Manggar, Zahra Hafizah Rahma.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Hujan prestasi masih terus membasahi keluarga SMA Negeri 1 Manggar. Rabu malam (23/9), Zahra Hafizah Rahma diumumkan sebagai pemenang ke 3 nasional lomba artikel opini dan feature kategori pelajar SMA.

Sosok siswi cerdas tersebut berhasil menjuarai kategori feature pelajar SMA/SMK/MA lomba menulis yang diselenggarakan Kemdikbud. Lomba yang berakhir pada tanggal 31 Agustus 2020 tersebut mengharuskan artikel, opini, ataupun feature yang dikirimkan sebelumnya telah terbit di media massa. Artinya peserta lomba ini harus menghadapi dua kali penilaian, yaitu kelayakan untuk terbit di media massa serta penilaian langsung dari juri.

Ara panggilan akrab Zahra Hafizah Rahma merupakan salah satu anggota kelas menulis SMA Negeri 1 Manggar. Seperti diketahui, kelas ini bersama dengan kelas sosioliterasi merupakan bagian dari program “Gerbang Menulis” SMA Negeri 1 Manggar.

Dengan kata lain, prestasi yang didapatkan Ara juga merupakan bukti keberhasilan program ini dalam menemukan, mengembangkan, serta meningkatkan kemampuan menulis. Selain itu, tidak bisa dipungkiri Ara memang memiliki bakat luar biasa dalam menulis.

Rasa syukur yang besar diungkap Ara ketika tahu diirinya dikukuhkan sebagai juara. “Alhamdulillah, akhirnya impian saya untuk mendapatkan juara di tingkat nasional tercapai,” ucap Ara penuh syukur.

Ia mengaku tidak menyangka akan mendapatkan juara di tingkat nasional karena persaingan yang sangat berat. “Tidak menyangka, namun saya beruntung lewat program “Gerbang Menulis” dibawah bantuan dan bimbingan Mam Winda serta Bu Yuli berhasil menyabet gelar juara ini,” ujarnya.

Maka dari itu, Ara berterima kasih kepada teman sekaligus idolanya, Fidiatun Nofus. Menurutnya berkat kesediaan dan penerimaan yang luar biasa dari Fifi, ia berhasil menuliskan feature yang menarik. Terakhir Ara juga mengajak seluruh siswa SMA Negeri 1 Manggar untuk tetap bersemangat.

“Yuk kita tetap bersinar di masa pandemi. Jangan sampai gemerlap kita dikalahkan oleh penjajah tak kasat mata! Semangat!” tutupnya.

Bakat Ara dalam menulis memang diakui oleh pembimbingnya, Sri Yuliani. Dia mengaku Ara adalah siswa yang multitalenta, kreatif, inovatif, dan dapat dijadikan panutan bagi seluruh siswa SMA Negeri 1 Manggar. “Ara sosok yang menguasai banyak bidang. Sukses selalu buat Ara maju terus berprestasi,” kata Yuli.

Senada diungkapnya Winda Ari Anggraini yang juga pembimbing dalam kelas menulis. Ia menyebutkan bahwa Ara adalah sosok yang memilki keseriusan dalam menulis. “Ara memang memiliki semangat yang luar biasa untuk mencoba hal baru termasuk menulis.

Selama proses bimbingan, dia juga menunjukkan keseriusan yang membuatnya layak menjadi pemenang. Selamat Ara, semoga bisa diikuti oleh siswa yang lain. I am always proud of you,” tukasnya.

Ucapan selamat juga diberikan Kepala SMA Negeri 1 Manggar, Sabarudin. Dia menuturkan, bahwa keberhasilan Zahra Hafizha Rahma sebagai juara 3 nasional lomba artikel opini dan features kategori pelajar SMA menjadikan pemicu semangat, seluruh pegiat literasi SMA Negeri 1 Manggar untuk terus menulis dan berprestasi.

“Ara adalah bukti keberhasilan program “Gerbang Menulis” yang di laksanakan oleh sekolah untuk mewadahi dan membekali peserta didik memiliki kecakapan literasi dan berpikir kritis. Sekali lagi selamat kepada Zahra dan guru pembimbing teruslah menjadi pegiat dan pejuang literasi,” ungkap Sabarudin.

Selain itu, Sabarudin kembali mengingatkan pentingnya menumbuhkan budaya literasi yang baik. Sebab budaya literasi adalah kunci memajukan negeri dengan prestasi. “Selamat buat Ara, terus lah semangat untuk berprestasi,” tandasnya. (*)