Produksi 30 Ribu Masker Kain, UMKM Binaan PT Timah Bernafas Lega

by -
Produksi 30 Ribu Masker Kain, UMKM Binaan PT Timah Bernafas Lega
Foto Istimewa

belitongekspres.co.id, PANGKALPINANG – Di masa wabah virus corona, UMKM seolah mati suri. Produksi mereka bisa menurun hingga 50 persen dari hari biasanya. Untuk itu, PT Timah berupaya memberdayakan UMKM Binaan. Di masa pandemi ini perusaahan pelat merah itu memproduksi 30 ribu masker yang akan dibagikan kepada masyarakat di seluruh wilayah operasional PT Timah.

Belasan UMKM di seluruh wilayah operasional dilibatkan dalam produksi puluhan ribu masker ini. Dengan harapan, ekonomi kemasyarakatan tetap bergerak. Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan saat ini masker masih dalam tahapan produksi di UMKM.

“Sudah selesai produksi sekitar 20 ribu masker. Kita target dalam waktu dekat selesai semua, sehingga bisa segera dibagikan ke masyarakat,”jelas Anggi.

Dia berharap pembagian masker ini dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sekaligus memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. “Kita rangkul UMKM untuk mendukung perputaran ekonomi masyarakat. Hampir semua bantuan kita juga melibatkan UMKM seperti instalasi cuci tangan,”tukasnya.

Sementara, salah satu penjahit mitra binaan PT Timah di Pangkalpinang, Yola mengaku sangat senang mendapatkan orderan masker ini. Menurutnya, selama pendemi corona ini dirinya kehilangan 50 persen omset dari para pelanggannya. Padahal, saat jelang Ramadan seperti ini permintaan untuk menjahit pakaian akan meningkat signifikan.

“Alhamdullilah sekali dengan orderan ini sedikit lega lah saya. Jauh omset saya menurun selama corona ini sampai 50 persen. Biasanya sekarang orang sudah banyak yang pesan untuk jahit baju lebaran. Ini yang sudah selesai diambil juga belum,”urainya.

Saat ini dirinya memiliki empat karyawan, dengan orderan ribuan masker ini sangat membantu dirinya dan para pekerjanya. Selain orderan PT Timah juga menerima orderan dari yang lain. “Alhamdullilah sekali ini dapat orderan buat masker, orderan banyak yang berkurang sekarang karena corona ini. Setidaknya, kita masih tetap bisa berproduksi karena ada pesanan,”katanya.

Ia menyebutkan, dalam satu hari dirinya bisa menyelesaikan 100 lembar masker dibantu rekannya. Ia berharap, nantinya akan banyak lagi order dari PT Timah maupun perusahaan lainnya untuk membagikan masker sehingga pandemi ini segera berlalu. (tob)

Editor: Yudiansyah