Program BESADU Resmi Diluncurkan

Foto bersama usai Soft Launching Program BESADU di Ruang Pertemuan Diskominfo Kabupaten Belitung, Senin (04/02).

*Wadah untuk Menampung Persoalan di Masyarakat

RajaBackLink.com

TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten Belitung mulai berlakukan Program Belitung Saluran Aspirasi dan Pengaduan (BESADU). Soft launching Program BESADU ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung, Senin (04/02).

Pemotongan pita yang membentang di pintu masuk ruangan BESADU Center Diskominfo Kabupaten Belitung, menandai soft lounching salah satu program andalan, Bupati dan Wakil Bupati Belitung periode 2018-2023 itu. Segenap OPD dan tamu undangan hadir dalam acara tersebut.

Pemotongan pita di pintu masuk ruangan BESADU Center Diskominfo Kabupten Belitung.

Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan layanan BESADU ini akan menjadi media keluh kesah, dan sekaligus sebagai wadah untuk menampung berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat.

“Untuk itulah hal ini harus kita dukung sebagai langkah positif dan terobosan yang baik. Karena berangkat dari aspirasi dan pengaduan dari masyarakatlah, pelayanan publik yang prima bisa tercapai dengan efektif,” kata Bupati dalam sambutannya.

Baca Juga:  Reses DPRD Kabupaten Belitung Timur Masa Sidang I Tahun Sidang 2019

Melalui wadah BESADU ini, Sahani berharap agar semuanya dapat senantiasa berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik dan menerapkan sistem pelayanan prima kepada masyarakat. Itu mengingat nantinya akan ada banyak aspirasi dan pengaduan yang beragam dari masyarakat Belitung.

Karena itu, dirinya juga mengingatkan kepada semua pihak untuk siap dikritik, siap melayani, siap memberikan jawaban atas segala keluhan-keluhan. Selain itu, juga siap untuk berubah menjadi lebih baik guna mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya layanan aplikasi berbasis teknologi ini dapat tercipta kolaborasi positif antara pemerintah dengan masyarakat, untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik ke depan,” harap Sahani.

Selanjutnya, kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung diharapkan agar dapat memberikan dukungan penuh untuk memanfaatkan program BESADU kedepan. Sebab, hal ini dapat menjadi kontrol positif bagi pemerintah daerah dalam menjalankan tata kelola pemerintahan (Good Governance).

Baca Juga:  Pemkab Belitung dan Polteknik Pariwisata Palembang Sepakat Menjalin Kerjasama

” Mari kita terus bekerja secara sigap, tanggap dan cepat. Berikan kemampuan terbaik kita untuk melayani masyarakat guna mewujudkan visi misi pemerintah kabupaten Belitung selama lima tahun kedepan,” ajak Bupati.

Sementara itu Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, ada lima saluran yang bisa digunakan dalam program Besadu ini. Mulai dari telpon langsung nomor 081908197819, kemudian SMS, WA, Facebook besadu.belitung, dan Instagram besadu.belitung.

Isyak memaparkan beberapa tata cara melaporkan yang baik dan benar, agar laporannya bisa diproses langsung. Antara lain, setiap orang wajib mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan menjelaskan permasalahan (isi aspirasi) dengan jelas.

“Setiap orang harus menguraikan kronologis permasalahan secara jelas dan lengkap. Sebutkan waktu dan tempat kejadian dengan rinci, gunakan bahasa yang baik dan benar, serta lampirkan bukti pendukung misalnya foto, video, audio dan data lainnya jika ada,” jelas Isyak. (adv/dod)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Leave a Reply