Program Minum Jamu oleh Pemkab Beltim Bawa Berkah (kik)

by -

Jamu Herbal Mak Dayang Laris Terjual

Program minum jamu setiap Jumat pagi yang dicanangkan Pemkab Belitung Timur (Beltim) beberapa waktu lalu ternyata membawa berkah bagi para penjual jamu. Salah satunya dirasakan Suryani (44) warga Jalan Stanum RT 18/09 Dusun Arab II Desa Kurnia Jaya Manggar Beltim. Bagaimana kisahnya berikut laporan wartawan harian ini.

Laporan: Febrianta Belitung Timur

Setiap subuh pagi hari Suryani atau yang lebih akrab disapa Mak Dayang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk berkeliling menjual jamu. Dengan menggunakan sepeda motor miliknya, Mak Dayang siap berkeliling Kota Manggar untuk menawarkan Jamu herbal untuk kesehatan manusia.

Jamu kesehatan yang ditawarkan terbuat dari bahan dasar alami seperti dedaunan, umbi-umbian atau pun dari akar-akaran serta buah-buahan dan kulit kayu. Selain itu, bahan jamu herbal, tak jarang pula dari bahan dasarnya berupa bagian dari anggota tubuh hewan misalkan dari empedu ataupun bagian dari anggota hewan tertentu yang memang diyakini mempunyai berbagai khasiat.

Di masyarakat Belitong sendiri, ungkap Mak Dayang, sebenarnya sudah sejak lama jamu dikenal meskipun tidak sepopuler seperti di tanah Jawa yang masyarakatnya suka minum jamu. Kebiasaan masyarakat Belitong biasanya mereka lebih suka meracik sendiri karena bahan dasarnya memang sangat mudah ditemukan di sekitar lingkungannya.

“Saya menjual jamu ini asal mulanya diajarkan dari Ibu. Bagaimana caranya membuat dan meracik jamu, karena memang ibu merupakan seorang penjual jamu yang diraciknya sendiri. Beliau sekarang sudah tak lagi menjual jamu dikarenakan sudah tua. sehingga saya lah yang meneruskannya,” jelas Mak Dayang kepada wartawan, Minggu (8/3) pagi kemarin.

Jamu herbal yang disediakan Mak Dayang  mempunyai banyak khasiat, di antaranya menyembuhkan sakit pinggang, pegal linu, masuk angin, nyeri otot, darah tinggi, melancarkan darah, habis melahirkan. Selain itu bisa menghilangkan bau badan, menambah nafsu makan, keputihan, serta berbagai khasiat lainnya yang sangat dibutuhkan setiap manusia.

“Masalah khasiat memang sangat banyak dan bermacam-macam kegunaanya apakan itu untuk kaum Hawa dan Adam,” sebut Mak Dayang.

Mak Dayang mengungkapkan program minum jamu setiap jumat pagi oleh Pemkab Beltim beberapa waktu lalu membawa berkah tersendiri bagi penjual jamu seperti dirinya. Jamu yang diracik dengan berbagai khasiat pada setiap dari botolnya terjual laris manis di Kompleks Perkantoran Pemkab Beltim.

“Kami diberikan kesempatan 4 orang setiap hari Jum’at dan secara bergiliran untuk standbye di Perkantoran Bupati Beltim. Dan ini merupakan tambahan penghasilan bagi kami. Terimah kasih pak Bupati, kini semua PNS ramai minum jamu, semoga pejabat di Pemkab Beltim makin sehat, sejahtera dan semangat,” tutup Mak Dayang.(**)