Program Persalip PN Tanjungpandan, Ganti Nama di Akte Cukup Sehari

by -
Program Persalip PN Tanjungpandan, Ganti Nama di Akte Cukup Sehari
Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan Himelda Sidabalok, saat membagikan brosur kepada masyarakat.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Memudahkan masyarakat Pulau Belitung untuk mengganti nama di akte kelahiran, Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpandan meluncurkan program inovasi permohonan langsung siap (Persalip).

Setelah adanya program tersebut, Pengadilan Negeri Tanjungpandan langsung melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Yaitu dengan membagikan brosur di kawasan Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan, Kamis (18/3) kemarin.

Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan Himelda Sidabalok mengatakan, peluncuran program ini merupakan bentuk komitmen dalam membangun zona integritas menuju WBK/WBBM di PN Tanjungpandan.

Wanita asal Sumatera Utara ini menjelaskan, Program Persalip diambil dari bidang keteknisan. Yakni berupa permohonan jenis perubahan nama dan perbaikan akte kelahiran.

Program ini diluncurkan mengingat banyaknya masyarakat Belitong mencari keadilan di Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Khususnya mengenai pergantian nama maupun kesalahan penulisan di akte kelahiran. “Inovasi ini untuk mempermudah masyarakat Belitung maupun Belitung Timur dalam mendapatkan keadilan hukum,” katanya.

Himelda mengungkapkan, untuk mengajukan pergantian nama di akte kelahiran ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi. Seperti pemohon harus memiliki alamat e-mail dan nomor handphone, serta aplikasi e-banking atau rekening, ATM.

Kemudian, membuat surat permohonan yang diketik di atas materai 10 ribu sebanyak dua rangkap asli dan fotocopy. Selanjutnya, melampirkan asli dan fotocopy pemohon, KTP yang dirubah nama. “Selain itu juga menyertakan KTP, KK, Akte yang akan diganti, buku nikah, ijzah terakhir dan minimal dua orang saksi,” terangnya.

Sedangkan untuk prosedur penyerahan berkas langsung dibawa ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Negeri Tanjungpandan. Kemudian Wakil Ketua Pengadilan menunjuk hakim untuk melaksanakan persidangan. “Setelah diproses, sehari langsung jadi. Pagi sidang, sore selesai. Untuk pelayanannya mulai Senin sampai Kamis pukul 09.00 – 12.00 WIB,” pungkasnya. (kin)