Propam Polda Sidak Periksa Senpi Polres Pangkalpinang

by -

PANGKALPINANG – Propam Polda Babel melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Polres Pangkalpinang kemarin (24/3). Dipimpin Kasubbid Provost Propam Polda Babel, Kompol Susanto, bersama jajarannya memeriksa kondisi senjata api (senpi) milik personil Polres Pangkalpinang sebagai bentuk kewaspadaan dini penyalahgunaan senpi. Senpi yang digunakan seluruh perwira dan bintara pun dikumpulkan.

“Semua diperiksa tanpa terkecuali. Kegiatan ini memang rutin kita laksanakan oleh internal Polres kita sendiri,” ujar Kabag OPs Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi, seizin Kapolres Pangkalpinang, AKBP Heru Budi Prasetyo kepada wartawan.

Pemeriksaan dilakukan di halaman Mapolres Pangkalpinang yang disaksikan juga oleh seluruh pejabat Polres Pangkalpinang. Secara bergiliran satu per satu, senpi yang digunakan oleh personil Polres Pangkalpinang diperiksa anggota Propam Polda. “Pemeriksaan mulai dari suratnya apakah masih berlaku dan senjata apinya apakah masih berfungsi,” kata Kabag Ops.

Secara keseluruhan, senpi yang diperiksa beserta surat-suratnya pun lengkap. Yang hanya perlu diperhatikan seperti senpi yang ditemukan dalam kondisi kotor saja. “Itu sudah kita perintahkan kepad aanggota yang bertanggungjawab untuk membersihkannya,” imbuh Kabag Ops.

Sementara itu, Kasubbid Provost Propam Polda Babel, Kompol Susanto memberikan arahan agar anggota polisi khususnya di jajaran Polda dibawahnya jangan sekali-kali melakukan pelanggaran dalam penggunaan senpi. Terlebih lagi, jangan pernah ada anggota yang terlibat dalam penggunaan narkoba. “Akan saya tindak tegas dengan aturan berlaku,” tegas Susanto.

Dia pun mengapresiasi Kanit Provost Polres Pangkalpinang yang selalu rutin melaksanakan pemeriksaan terhadap para personil Polres Pangkalpinang. “Ternyata, dari Kanit Provost juga sudah rutin memeriksa kondisi senpi. Sebelum saya datang juga ternyata sudah diperiksa,” pungkas Susanto. (aka)