Provos Cek Senjata Polisi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Ditemukan Adanya Pelanggaran

TANJUNGPANDAN-Untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api milik anggota Polisi, Polres Belitung melakukan pengecekan senjata. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Provos Polres Belitung, Selasa (5/5) kemarin.
Sebanyak 72 senjata api milik anggota polisi diperiksa kondisinya. Dari seluruh senjata tersebut, ada sebagaian disita oleh provos lantaran surat indentis senjata yang miliki anggota hilang. Selain itu, provos juga mengambil senjata milik anggota yang tidak dirawat kebersihannya.
Waka Polres Belitung Kompol Muslim Nanggala seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, rencana kegiatan ini rutin akan dilaksanakan tiap enam bulan sekali. Pihaknya akan memeriksa senjata maupun peluru yang dimiliki anggota.
“Kita sudah melakukan pengecekan terhadap senjata-senjata milik anggota. Dari sekian banyak senjata tersebut ditemukan adanya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anggota, salah satu tidak menjaga perawatan senjata dan kartu kepemilikan senjata hilang,” ujar Kompol Muslim Nanggala kepada Belitong Ekspres, usai pengecekan.
Senjata-senjata milik anggota yang bermasalah akhirnya diamankan dan ditarik oleh Polres Belitung, hingga pemilik senjata melengkapi sarat-sarat yang ditentukan. “Bagi pemilik yang tidak merawat senjatanya maka kita, suruh bersihkan senjata tersebut di tempat. Kalau senjata sudah dibersihkan, kami berikan kembali,” ujar Waka Polres didampinggi Kabag Ops Polres Belitung Kompol M Nizar.
Namun bagi pemilik senjata yang suratnya hilang, pihak Polres menarik senjata api tersebut hingga pemegangnya mengurus kembali dokumen. “Mereka harus kembali melakukan tes ulang. Yakni meliputi Psikolog dan kemampuan,” pungkasnya.
Sementara itu, Wakasi Humas Polres Belitung Brigadir Tohirudin Sihombing seizin Kapolres Belitung mengatakan, pemeriksaan senjata api milik anggota juga bertujuan, agar pemiliknya tidak menyalagunakan senjata.
“Maka dari itu, provos Polres Belitung melakukan pengecekan senjata api milik anggota. Tidak hanya senjata api milik anggota yang di periksa, namun senjata milik Polres seperti senjata laras panjang juga dilakukan pengecekan,” ujar Brigadir Tohirudin.(kin)

Baca Juga:  Selamat Jalan Mantan Pasi Ter Kodim 0414 Belitung

Rate this article!
Provos Cek Senjata Polisi,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: