Proyek Pekerjaan Jalan Junction-Membalong Terbaik Se Indonesia

by -
Peresmian Jalan
Foto Bersama di Jalan Junction - Membalong antara Gubernur Babel, Forkopimda dan anak SD di Desa Lassar, Jumat (7/2).

belitongekspres.co.id, MEMBALONG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mendapat apresiasi berupa bonus Rp 8 miliar dari Kementerian PUPR. Hal itu dikatakan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, usai sosialisasi serta meresmikan Jalan Junction – Membalong Program Hibah Nasional Jalan Daerah Tahun Anggaran 2020, Jumat (7/2).

Apresiasi tersebut kata Erzaldi, dikarenakan Dinas PUPR Babel sukses membangun jalan sepanjang 13 km dari semulai 4,5 meter dilebarkan menjadi 7 meter. Sedang tahun ini ruas Jalan Membalong akan kembali ditingkatkan sepanjang 15 km.

Oleh karena itu, pembangunan ruas jalan juntion (Tanjungpandan) – Membalong dengan total panjang 47 km tersebut, dinobatkan sebagai proyek pekerjaan terbaik se Indonesia. Hal ini juga merupakan sejarah pembangunan terpanjang di provinsi Babel.

Menurut Gubernur itu tidak lepas dari peran dan dukungan Pemerintah Kabupaten Belitung. Terlebih masyarakat Kecamatan Membalong yang lahannya terkena dalam pembangunan jalan tidak meminta dan menerima ganti rugi dalam pelebaran jalan kali ini.

Untuk itu, pihaknya bersyukur karena atas kesepakatan bersama masyarakat tidak meminta dan menerima ganti rugi tersebut. “Dukungan masyarakat inilah yang menjadi dukungan utama sehingga proyek pelebaran ini menjadi sukses,” ungkap Erzaldi.

Erzaldi yakin apa yang telah diberikan oleh masyarakat ini tentunya akan kembali kepada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Karena dengan jalan yang lebar keselamatan masyarakat pengguna jalan akan lebih terjamin.

Apalagi, proyek pelebaran jalan ini menggunakan sebagian tanah milik warga kurang lebih dari 1,25 meter sampai 2 (kiri-kanan) dengan total panjang 4 meter (kiri-kanan). Inilah yang juga diapresiasi Gubernur terhadap masyarakat, yaitu kesediaan dan keiklhasan masyarakat setempat.

Sebelumnya, Gubernur Babel mengawali kegiatan dengan bersepeda menyusuri jalan sepanjang 23 km bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Komunitas Pecinta Sepeda yang ada di Kabupaten Belitung.

Kegiatan dimulai dari Kantor UPT Pekerjaan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Tanjungpandan, bersepeda meresmikan jalan yang dibangun tahun 2019 itu. Gubenur Erzaldi menyapa masyarakat yang dilewatinya hingga garis finish tepat di Kantor Kepala Desa Bantan, Kecamatan Membalong.

Jalan yang dilalui Gubernur beserta rombongan terlihat mulus dan lebar, sehingga memanjakan pengguna jalan. Setibanya di Kantor Desa Bantan, seluruh rombongan sudah ditunggu oleh masyarakat desa setempat yang untuk menerima Sosialisasi dan Konsultasi Publik terkait Peningkatan Jalan Junction-Membalong untuk tahun 2020 ini.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Belitung merupakan sentral kepariwisataan di negeri serumpun sebalai ini. Menurutnya, sekarang sisi selatan Kabupaten Belitung mempunyai kesempatan untuk menarik pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan jalan ini.

Dirinya yakin, sebuah daerah tidak mungkin akan tumbuh perekonomiannya jika tidak memiliki jalan atau akses yang bagus. Oleh sebab itu, Wakil Bupati Belitung ini meminta kepada masyarakat untuk membuka pikiran dan menggunakan hati nurani agar merelakan sebagian lahannya untuk pelebaran jalan ini untuk tahapan berikutnya. Dirinya yakin dengan pelebaran jalan, akan menambah aset para warga. (fg6)

Editor: Yudiansyah