PSBB Jakarta Tak Pengaruhi Stok & Harga Kebutuhan Pokok di Belitung

by -
PSBB Jakarta Tak Pengaruhi Stok & Harga Kebutuhan Pokok di Belitung
Petugas saat mengecek harga dan stok bahan pokok di Pasar Tradisional Tanjungpandan.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Harga bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Belitung cenderung stabil dan tidak mengalami kenaikan. Itu seiring dengan terjaganya ketersediaan (stok) bahan kebutuhan pokok pada tingkat distributor.

“Kondisi untuk harga bahan pokok dalam seminggu terakhir ini cukup stabil dan tidak mengalami kenaikan,” kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Rita Yuliani kepada Belitong Ekspres, Senin (21/9.

Menurutnya, selain harga bahan kebutuhan yang stabil, pasokan bahan kebutuhan pokok dari luar daerah juga tidak mengalami hambatan. Meskipun adanya pemberlakukan Pembatas Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

“Adanya pelaksanaan PSBB di Jakarta tidak terlalu berdampak dengan pasokan bahan pokok ke daerah. Sejauh ini lancar tidak ada kendala kapal-kapal pengangkut juga masih beraktivitas normal,” kata Rita

Rita menjelaskan, berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah pasar tradisional setempat harga daging sapi dijual Rp 130 ribu per kilogram, gula pasir Rp12 ribu per kilogram, telur ayam Rp 26 ribu per kilogram atau Rp 1.600 per butir dan tepung terigu dijual Rp 9 ribu per kilogramnya.

Sedangkan harga daging ayam dijual Rp 36 ribu per kilogram, bawang merah Rp 36 ribu per kilogram, beras dijual Rp12 ribu sampai Rp 14 ribu per kilogram dan ayam kampung Rp 55 ribu per kilogram.

Ditambahkannya, untuk cabe rawit Rp35 ribu per kilogram, bawang putih Rp23 ribu per kilogram, cabai merah keriting Rp30 ribu per kilogram dan cabai rawit lokal dijual Rp 50 ribu per kilogramnya. “Stok dipastikan cukup 3 bulan ke depan. Kami juga selalu monitor ke gudang-gudang distributor sebagai pengawasan,” pungkasnya. (rez)