PT Timah Eksplorasi Laut Beltim

by -

*Untuk Mengetahui Cadangan Kandungan Timah

utama-edisi-29-maret-2017-PT-Timah
Kunjungan peninjauan kegiatan eksplorasi di atas kapal Geotin I, yang merupakan kapal milik PT.Timah Tbk di perairan laut Beltim tepatnya di kawasan laut Oliver Manggar, Senin (27/3) kemarin.

belitongekspres.co.id MANGGAR – Kedatangan kapal Eksplorasi (Pengeboran) Geotin I milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN)  PT. Timah Tbk, dipastikan hanya untuk mengetahui cadangan timah atau potensi yang terkandung di wilayah laut Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Itu memang murni dan hanya untuk melakukan kegiatan eksplorasi.

Hal itu terungkap dalam pertemuan paparan terkait kinerja secera teknis tentang kapal Geotin I di ruang pertemuan rapat Bupati Beltim,Senin (26/3) kemarin. Pertemuan dihadiri Plt.Sekda Beltim, Evi Nardi dan Kepala Divisi Eksplorasi PT.Timah Tbk Setiawan Raharjo.

Usai melakukan paparan, pihak PT.Timah berkesempatan memberikan miniatur kapal Eksplorasi Geotin I yang langsung diterima Plt.Sekda Beltim yang didampingi Ketua DPRD Beltim, Tom Haryono Harun dan  waiklnya Yohendra.

Seteah itu,dilanjutkan dengan melakukan kunjungan langsung ke kapal Geotin I Yang berada di seputaran laut Olivier Manggar. Ini guna mengetahui teknis kerja kapal eksplorasi tersebut.

Peninjauan hadiri Plt Sekda Kabupaten Beltim Evi Nardi, Wakil Ketua DPRD Beltim, Yohendra, Wakapolres Beltim Kompol Joko Triyono S.Ik, Danramil Manggar Mayor (Inf) Trijoyo dan Danpos AL Manggar Letda (L) Dimun, serta beberapa LSM dan media. Sedangkan dari PT. Timah dipimpin langsung Kepala Divisi Eksplorasi Setiawan Raharjo dan Kepala Unit Tambang Belitung Sigit Wibowo.

utama-edisi-29-maret-2017

Saat berada diatas kapal eksplorasi, perwakilan Pemerintah dan Muspida melihat secara langsung bagaimana kapal eksplorasi melakukan kerjanya. Dimulai dari pemasangan bor pipa besi yang rata-rata memiliki panjang 4 meter dengan cara menyambung satu persatu. Kemudian, menggunakan mesin bertekanan tinggi, pipa dimasukkan kedalam titik pengeboran dan berlanjut sampai dengan kedalaman tertentu.

Usai melakukan meninjau kapal eksplorasi, Kepala Divisi Eksplorasi PT.Timah Tbk, Setiawan Raharjo yang didampingi stafnya juga melakukan jumpa pers di kantor Pelabuhan ASDP Manggar. Dalam keterangannya, Setiawan menegaskan kegiatan eksploitasi merupakan upaya mendeteksi mencari atau mengetahui cadangan timah di laut oliper dan murni untuk melakukan pengeboran.

“Kita lakukan ini hanya untuk melakukan pengeboran dan bisa mengetahui berapa nilai ekonomi sehingga semua pihak bisa berhitung sehingga kedepan bisa memanfatkannya, dan ini murni hanya melakukan pengeboran, bukan merupakan aktivitas penambangan,” tegas Setiawan.

Dijelaskan Setiawan, rata-rata kedalaman titik pengeboran maksimal di kedalaman 30 meter. Dengan Luasan IUP yang dimiliki PT. Timah untuk wilayah laut mencapai  kurang lebih 30 ribu hektar, seperti yang dilakukan pada tahun tahun sebelumnya.

“Eksplorasi akan segera dimulai kegiatannya kemungkinan akan sampai bulan Juni atau Juli. Meski demikian kita tidak bisa melakukan kegiatan pengeboran kalau angin berhembus tenggara, kita hentikan,” ujarnya seraya menambahkan akan ada 2 kapal eksplorasi yang rencana akan diturunkan yakni Geotin I dan II.

Sementara itu, saat dimintai tanggapan soal sikap Pemerintah Daerah, Setiawan memastikan dan berjanji akan menjalankan apa saja yang diminta. Salah satunya melakukan komunikasi dengan semua pihak agar kegiatan yang dijalankan dalam koridor aturan.

“Kami lakukan ini memang sebelumnya sudah menghadap Beliau (Bupati Beltim, red) dan sudah merestui dan Beliau berharap kita bisa berkomunikasi dengan berbagai pihak sehingga tidak ada interpretasi yang salah, salah satuya dengan melakukan sosialisasi,” tutup Setiawan. (feb)