PT Timah-Kompi Senapan B Sinergi Reklamasi Eks Tambang

by -1 views

SUNGAILIAT – PT. Timah Tbk menyerahkan bantuan 1000 bibit berbagai jenis pohon kepada Kompi Senapan B Sungailiat untuk penghijauan. Bantuan disampaikan perwakilan PT. Timah Tbk yang diterima Danki Senapan B Sungailiat, Kapten Inf. Yuki, Jumat (24/2) pagi. Jalinan kerjasama antara bantuan PT. Timah Tbk dengan kegiatan penghijauan pada lahan eks tambang oleh Kompi Senapan B Sungailiat diharap menjadi sinergisitas antara kedua bela pihak.

“Kami dari Kompi Senapan B mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dan perhatian PT. Timah Tbk untuk mensukseskan acara kami dalam rangka ulang tahun Batalyon yang mana kami akan melaksanakan kegiatan adventure motor trail juga lakukan penghijauan di eks TI (Tambang Inkonvensional). Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada PT. Timah yang telah membantu, semoga bisa bermanfaat dan menjadi berkah,” kata Yuki di sela-sela penerimaan.

Direncanakan, penanaman pohon bantuan PT. Timah Tbk dilaksanakan dengan kegiatan Adventure Motor Trail pada hari Minggu pekan ini atau besok. Pihaknya berharap, pohon yang didapat dari PT. Timah Tbk dan ditanam pada penghijauan nantinya bermanfaat untuk kelestarian lingkungan guna mensukseskan program pemerintah dalam mengurangi pemanasan global.

“Semoga ini menjadi contoh dan masyarakat di seputaran Bangka bisa mengikuti kita dalam pelaksanaan penghijauan. Harapan kami ini dapat berlanjut di kemudian hari, bisa rutin, bisa terencana dengan baik, terprogram sehingga program penanaman pohon bisa terlaksana dengan maksimal,” tutup Yuki.

1000 pohon bantuan PT. Timah Tbk akan ditanam kegiatan penghijauan, masuk ke rangkaian acara yang akan dimulai dengan mengendarai motor dari Kompi Senapan B Sungailiat menuju ke Jelitik lalu dilanjutkan ke daerah Pantai Tikus Emas. Penanaman pohon akan melibatkan unsur Forkopimda Babel dan Kabupaten Bangka serta PT. Timah Tbk.

Bantuan PT. Timah Tbk diserahkan oleh perwakilan PT. Timah Tbk dari bidang Unit Pertambangan Darat Bangka, Lukman, K3LH Pusat, Christin dan staf Humas PT. Timah Tbk. 1000 batang bibit pohon yang diberikan terdiri 680 batang bibit akasia, 100 batang bibit karet, 120 batang bibit sengon, 30 batang bibit mangga, 10 batang bibit rambutan dan 60 batang bibit durian.

Sementara itu dari pihak PT. Timah Tbk menyatakan, pihaknya ikut peduli atas lingkungan selaku salah satu pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) timah terbesar di Bangka Belitung. Untuk mewujudkan kepedulian itu, PT. Timah Tbk melibat stakeholder terkait yang peduli untuk lingkungan, termasuk kerjasama bersama Kompi Senapan B Sungailiat yang akan melakukan penghijauan dalam rangka HUT Batalyon Infanteri 141/AYJP.

“Sebagai pemegang IUP, PT Timah wajib melakukan reklamasi lahan pasca tambang. Supaya hasilnya maksimal, PT Timah  mengajak stakeholdernya. Hari ini bertepatan dengan HUT Batalyon Infanteri 141/ AYJP yang ke-63 Kompi senapan B, kami menyediakan bibit sebanyak 1000 bibit yang bernilai ekononis. Ini merupakan bentuk sinergi PT Timah dengan Kompi Senapan B,” kata Kabid Humas PT. Timah Tbk, Reni Hutagalung, Jumat (24/2) saat dikonfirmasi terpisah. (trh)