PT Timah Tbk Dukung Festival Kulong Minyak

RajaBackLink.com

Berikan Bantuan Tunai Rp 75 Juta

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dalam rangka mendukung dan mengangkat potensi wisata di Pulau Belitong, khususnya di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), PT Timah, Tbk memberikan bantuan senilai Rp.75.000.000,- untuk kegiatan Festival Kulong Minyak. Kegiatan yang dilaksanakan disepanjang jalan Kulong Minyak Desa Lalang Kecamatan Manggar Ahad (21/7) tersebut digelar dengan berbagai kegiatan pementasan seni dan penggalian potensi peninggalan kejayaan PT Timah, yakni Kulong Minyak.

Wijaya, selaku Kepala Unit Produksi Belitung PT Timah melalui Asistent PPM UPB Divisi CSR Eka Rinaldy menyebutkan bahwa PT Timah sangat mendukung kegiatan pengembangan potensi wisata yang ada di Pulau Belitong.

“Dari acara ini sebenarnya kita menggali potensi kesenian dan budaya di Belitong, terutame di Beltim.

Tadi kami lihat awalnya belum maksimal, jadi komunitas ini ketika masuk permohonan ke kami, kami menyambut dengan hangat, terutama hal yang berkaitan dengan Kulong Minyak yang notabone ade sejarah yang berkaitan dengan kejaaan PT Timah disitu ada hal yang terkenal. Beltim terkenal dengan kulong minyak, ise,” terang Asistent PPM UPB Divisi CSR PT Timah Eka Rinaldy didampingi Kabid Penambangan Belitung PT Timah Riki Syamdora kepada Belitong Ekspres, Ahad (21/7) kemarin.

Dan juga, lanjut Eka, memang kewajiban kita dimasyarakat, keterkaitan dengan pemberdayaan masyarakat itu, karena wilayah operasional kita. Jadi kegiatan ini bisa dilaksanakan di Masyarakat kita tetap mensuport terkait dibidang budaya kesenian, yang selama ini mungkin bisa kita bantu, semaksimal mungkin kita bantu.

“Juga kami sangat mendukung masyarakat yang memanfaatkan bekas asset timah, apalagi terkait pengembangan potensi wisata. Karena sejarah timah ini menjadi objek wisata, dan sejarah timah itu (Kulong Minyak) sangat kental di Beltim, Hal-hal seperti ini (wisata) harus digiatkan dan ditingkatkan. Kami berharap bisa bertahan lama dan menjadi objek wisata di Beltim,” tandasnya.

Baca Juga:  PT SWP Sudah Ekspor 10 Juta Ton Produk Olahan Kelapa Sawit

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan Vestifal Kulong Minyak, Abu Ubaidah sangat berterima kasih terhadap PT Timah yang telah memberikan dukungan kepada Komunitas Kulong Minyak Nerehun, sehingga rencana kegiatan yang telah direncanakan sejak setahun yang lalu dapat berjalan sukses.

“Kami hampir setahun mencari sumbangan dana, ini sponsor tunggal dari PT Timah. Dari proposal-proposal yang kami ajukan, 99 persen itu didukung oleh PT Timah. Setelah dengan kajian-kajian PT Timah memberikan bantuan ke Komunitas Kulong Minyak. alhamdulillah PT Timah bisa mendukung kami,” beber Abu kepada Belitong Ekspres, Ahad (21/7) kemarin.

Dikatakan Abu, tujuan kami sangat sederhana, tujunnya mengumpulkan kawan-kawan yang selama ini orang-orang pelaku seni jarang berkumpul. Contohnya, seperti malam ini, seluruh pemain orgen berkumpul. “Kemudian, mainset ke depannya untuk mendukung pariwisata. Salah satunya menjual kulong minyak ini sebagai aset wisata,” kata Abu.

Lebih jauh Abu berharap kedepan nanti, kalau Pemerintah Daerah sangat mendukung, berkeinginan adanya panggung untuk menggelar acara seni. Contoh, kemarin itu ada satu group jazz musik dari jakarta dia sudah sanggup datang kesini tanpa dibayar. Cukup siapkan tiket dan akomodasi.

“Konsep acara yang kami tampilkan, mungkin kalau kita berjual pantai, aku rasa orang akan memilih tanjung tinggi. Kalau kita di Belitung Timur ini mencari sesuatu yang ditanjung kira-kira tidak orang temui, jadi ya potensi baiknya bagi kami Kolung Minyak ini. Nanti untuk pendapatan ekonominya di sepanjang jalan ini, pemberdayaaan anak-anak mudanya, seperti itu yang kami inginkan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Lanud ASH Sosialisasi Penerimaan Calon Tamtama PK TNI AU 2019

Ditempat yang sama, Bupati Beltim Yuslih Ihza sangat mendukung kegiatan seperti ini, kesenian adalah sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia.

“Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain. Misalnya berguna dalam menentukan norma untuk mengatur perilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai-nilai kebudayaan,” tutur Bupati Beltim Yuslih Ihza.

Karenanya, Bupati Yuslih sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan festival Kulong Minyak yang diselenggarakan oleh masyarakat Komunitas Kulong Minyak.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi komunitas Kulong Minyak Berehun, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, salah satu contoh bahwa kita sesama mahluk sosial yang gemar berkumpul bisa membentuk komunitas seni, hingga bisa mengadakan pagelaran kesenian yang mampu menyatukan para pelaku seni dan pemusik di Kabupaten Belitung Timur,” ungkapnya.

Dikatakan Yuslih, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sangat mendukung kegiatan ini. Karena selain mengapresiasi kreativitas para seniman, juga sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat sekitar, yang mencari dan menikmati hiburan bersama keluarga dihari libur ini.

“Saya berharap kedepannya, kegiatan ini diselenggarakan secara rutin, baik itu bulanan ataupun tahunan dan diharapkan makin banyak komunitas-komunitas seni yang bermunculan, membuat pagelaran seni yang menarik, dan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap seni dan budaya daerah dan pada akhinya ikut berperan aktif dalam memajukan pariwista daerah,” ujar Yuslih.

Semoga dengan kegiatan ini, mampu memajukan sedikit demi sedikit pariwisata di Belitung Timur, apalagi kalau bisa bekerja sama dengan travel yang membawa wisatawan, karena kesenian dan kebudayaan suatu daerah paling dicari para wisatawan,” tandasnya. (rel)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply