Puasa Pertama, Diprediksi Jatuh pada Hari Senin

by -

MANGGAR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Belitung Timur (Beltim) memprediksi Ramadan pertama 1437 Hijriah akan jatuh pada Minggu (5/6) malam. Ini berarti umat muslim akan menjalani ibadah puasa pada Senin (6/6) mendatang. Hal ini disampaikan Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Beltim, Hasmaryati.

Ia mengatakan, prediksi itu berdasarkan edaran dari Kemenag RI untuk melakukan pemantauan hilal pada Minggu (5/6) petang. Hasmaryati menambahkan, rencananya pemantauan hilal di Pulau Belitung akan dipusatkan di Pantai Tanjungpendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

“Jadi kalau tanggal 5 Juni itu tidak mungkin (sudah puasa), karena sorenya baru pemantauan hilal. Jadi perkiraan umat muslim baru menjalani puasa pertamanya pada 6 Juni besok. Sedangkan sidang Isbatnya malam Senin. Jadi prediksinya tanggal 6 Juni karena ada ederan rukyatul hilal ini,” ujar Hasmaryati kepada wartawan, Rabu (1/6) kemarin.

Selain itu, Hasmaryati menyebutkan, kemungkinan tahun ini tidak ada perbedaan mulai puasa antara Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama (NU). Pasalnya, sudah sejak jauh hari Muhammadiah sudah menetapkan bahwa puasa pertama akan jatuh pasa Senin (6/6) mendatang.

“Kalau Muhammadiyah malahan sudah memutuskan sejak sebulan lalu bahwa puasa pertama itu tanggal 6 Juni,” sebutnya.

Kemenag Beltim, kata Hasmaryati, juga telah mendapatkan jadwal Sholat, Sahur, dan Imsyak. Jadwal ini bisa dilihat dan didownload di websites sihat.kemenag.go.id. dan bisa di download.

Serupa dengan Kemenag Beltim, Kabag Kesra Setda Beltim, Asmayati menuturkan, pihaknya memprediksi puasa pertama akan jatuh pada Senin (6/6) mendatang.¬†“Prediksi, Kami itu Senin. Sidang Isbat kemungkinan malam Minggu,” singkatnya. (feb)