Pucok Iding-Iding Jadi Keripik, Ini Sulapan UPPKS Kelapa Kampit

by -
Pucok Iding-Iding Jadi Keripik, Ini Sulapan UPPKS Kelapa Kampit
Pucok Iding-Iding Jadi Keripik, Ini Sulapan UPPKS Kelapa Kampit
Anggota UPPKS Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur menunjukkan Keripik Iding-iding

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Daun Pucuk Iding-Iding yang terkenal bermanfaat untuk menambah darah disulap oleh Kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Ekonomi Keluarga Sejahtera (UPPKS) menjadi inovasi baru. Yakni Keripik Pucuk Iding-Iding yang memiliki cita rasa crispy yang lezat.

Anggota UPPKS Kecamatan Kelapa Kampit, Nurbayti (49), mengatakan, inovasi ini didapat karena melihat bahan baku pucuk iding-iding yang mudah didapat dan pengolahan yang tidak susah.

“Karena bahan bakunya mudah didapat terus pengolahannya tidak terlalu susah dan juga tidak terlalu memakan waktu. Aku rasa belum ada sebelumnya yang berinovasi seperti ini,” katanya saat diwawancarai seusai memperaktekan masakan keripik pucuk iding-iding di Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Beltim, Rabu (13/11).

Nurbayti juga berharap agar dinas-dinas terkait memperhatikan usaha-usaha kecil seperti ini agar bisa berjalan lancar dan maju. “Harapan kami tentunya untuk dinas-dinas yang terkait bisa memperhatikan usaha-usaha kami ini agar berjalan lebih lancar dan maju,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DKPPKB Beltim Hayadi akan menikdaklanjuti inovasi baru ini agar bisa diproduksi dan dipasarkan.

“Kami akan menindaklanjuti terutama produk baru yang sama-sama kita praktekan ini. Nanti kita akan mencoba untuk membuat produksi keripik ini dan kita coba untuk pasarkan,” ujarnya.

Hayadi menambahkan, sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan oleh kelompok UPPKS Beltim, maka produk ini akan diberi nama Keripik Pucuk Iding-Iding Stoven. “Branding yang kita sepakati ini ialah Keripik Pucuk Iding-Iding Stove, dan nanti Insyaallah basicnya ada di Kecamatan Kelapa Kampit,” tambahnya.

Hayadi juga menjanjikan pada tahun depan akan mempromosikan inovasi baru produk Keripik Pucuk Iding-Iding Stoven ini ke tingkat provinsi dan nasional. “Untuk promosinya pada tahun depan produk keripik pucuk iding-iding ini kita coba promosikan pada acara bazar di tingkat nasional dan provinsi,” kata Hayadi.

(Rilis Kominfo | belitongekspres.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *