Pulang Dari Bogor, Pegawai Kantor Pelayanan Pajak Tanjungpandan Positif Terpapar Corona

by -
Pulang Dari Bogor, Pegawai Kantor Pelayanan Pajak di Tanjungpandan Positif Terpapar Corona
Ilustrasi Radar Bandung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Seorang pegawai wanita di Kantor Pelayanan Pajak Tanjungpandan dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut dikatakan Bupati Belitung sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung H. Sahani Saleh dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/8) kemarin.

Dia menginformasikan bahwa benar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung menemukan pasien positif Covid-19 ke 24 itu. “Pasien 1312 inisial FHS, perempuan usia 24 tahun, hasil swab positif, keterangan Konfirmasi Covid-19,” katanya.

Orang nomor 1 di Kabupaten Belitung itu mengatakan, pasien 1312 adalah seorang pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Tanjungpandan. Pasien 1312 tiba di Tanjungpandan pada tanggal 1 Agustus 2020 setelah melakukan perjalanan dari Kota Bogor.

“Pasien 1312 melakukan rapid test di salah satu klinik swasta di Kabupaten Belitung pada Tanggal 6 Agustus 2020, dan didapatkan hasil test reaktif,” jelas Bupati Belitung yang karib disapa Sanem itu.

Kemudian lanjut Sanem, pasien 1312 langsung dirujuk ke RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan pengambilan swab PCR tenggorokan.

Hasil Swab PCR tenggorokan pasien lalu dikirim pada tanggal 7 Agustus 2020 ke Balai Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). ” Dan hari ini diketahui bahwa hasil swab PCR Pasien 1312 tersebut terkonfirmasi positif Covid-19,” bebernya.

Sanem menjelaskan, bahwa pasien 1312 adalah pasien konfirmasi positif Covid-19 ke 24 di Kabupaten Belitung. Kondisi klinis pasien 1312 tersebut tanpa gejala terkait virus Corona, sehingga dikategorikan sebagai pasien konfirmasi Positif Covid-19 Asimptomatik.

“Dengan kondisi klinis ini, menurut Pedoman Penanganan Covid-19 terkini, Pasien 1312 harus menjalani isolasi selama 10 haru kedepan. Dan apabila dalam 10 hari isolasi tidak ditemukan gejala klinis terkait Covid-19, maka pasien dapat langsung dinyatakan sembuh tanpa perlu dilakukan uji PCR follow up ulang,” jelasnya.

Sampai saat ini, berarti terdapat 5 pasien Covid-19 yang berada di Pusat Karantina SKB Tanjungpandan Belitung, yakni BPY, SYA, IDR, ABS, dan FHS. “Doa kita bersama semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa segera mengangkat penyakitnya,” pungkas Sanem. (dod)