Pulau Belitong Jalur Perdagangan Rempah Nusantara

Bangunan dari batu bata yang ditemukan dalam ekskasvasi di Desa Balok.

Berdirinya Kerajaan Jadi Bukti

RajaBackLink.com

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Menarik mengetahui fakta bahwa pulau Belitong khususnya Kabupaten Beltim menjadi jalur perdagangan rempah nusantara di masa lalu. Meski perlu penelitian lebih lanjut, hipotesa awal tersebut sedikit menjawab pertanyaan seputar adanya kerajaan-kerajaan di nusantara.

Ketua Tim Arkernas yang melakukan penelitian jalur maritim rempah nusantara, Sonny Wibisono dalam paparan akhirnya menjelaskan kerajaan-kerajaan yang berdiri di nusantara menunjukkan sumber daya alam menjadi bagian penting dalam perekonomian di masa lampau.

“Jadi sebagian besar pengetahuan kita tentang kepulauan Indonesia menunjukkan tentang adanya sumber daya yang sejak dulu memang menjadi bagian penting dalam perkembangan perekonomian,” ungkap Sonny, Jum’at (12/7) kemarin.

Baca Juga:  Ingkung Ayam Jantan, Mandi Kembang, dan Doa Agar Cicilan Mobil Lancar

Menurut Sonny, sumber daya alam seperti vegetasi atau mineral sebenarnya sudah dikenal secara perlahan-lahan. Satu diantaranya munculnya kerajaan-kerajaan yang sebenarnya tidak terlepas dari sumber daya yang ada di nusantara.

“Saya katakan bahwa fase-fase perniagaan global di asia sebenarnya sangat erat dan paling tidak kita mencari keterkaitannya antara kerajaan Nusantara dengan perkembangan perniagaan,” kata Sonny.
Sonny menyebut bahwa rempah menjadi satu ciri khas produk-produk di Nusantara. Rempah tidak hanya tanaman yang di budidayakan seperti lada tapi tanaman endemik seperti kemiri, cengkeh dan pala termasuk pula.

“Tempat-tempat inilah yang sekarang masih dalam penelitian karena sumber-sumber sejarah kita sedikit sehingga membutuhkan pembuktian material. Saya mencoba dari sisi arkeologi untuk melacak ini. Apa yang disebut pada abad 14 hingga 16 sebagai kerajaan atau negeri dibawah angin itu merupakan kerajaan yang mandiri tetapi saling terkait satu sama lain,” bebernya.

Baca Juga:  Mabok Lalu Terjatuh, Pria Ini Tewas di Dapur

Meski demikian, Sonny mengaku temuan yang mereka dapatkan sebenarnya baru dalam tingkat hipotesa. Apakah ada konektifitas, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

“Dan itu mulai kita bangun dari yang kecil-kecil, dimulai dari fragmen Banten, Lampung, Belitung dan lain-lain,” ujar Sonny.

Bahkan menurut dia, sebenarnya pulau-pulau di nusantaa juga merupakan suatu jembatan-jembatan yang dipakai orang-orang dulu untuk lalu lalang pada abad itu.

“Sayang kalau sejarah kita tidak atau hanya sekedar sejarah raja tapi sebenarnya bagaimana mereka bisa memakmurkan rakyatnya, bagaimana bisa berdiri. Itu saya kira perlu diajarkan dan diketahui sebagai identitas kita,” tandasnya. (msi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply