Pulau Belitung Kini Miliki Pos SAR

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Berdiri di Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Beltim

MANGGAR – Kantor Pos Badan SAR Nasional (Basarnas) Pangkalpinang Bangka Belitung (Babel) kini membuka Pos SAR khusus wilayah Pulau Belitung di Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Pos SAR yang dibentuk sejak Sabtu (7/2) pekan lalu, terletak di eks Kantor Dispora Beltim Komplek Perkantoran Terpadu Pemkab Beltim.

Kepala Kantor SAR Pangkal Pinang Babel, Joni Soperiadi melalui Koordinator Pos SAR Belitung, Mancarah Wanto mengatakan, Pos SAR di wilayah Pulau Belitung merupakan unit kerja non struktural di bawah Kantor SAR Babel.

Baca Juga:  Magang di Panasonic, Peserta Beltim Alami Kemajuan Pesat

“Kantor ini dibuka untuk seluruh wilayah Pulau Belitung,” ungkap Koordinator SAR Belitung, Mancarah Wanto.

Dijelaskan, tugas Pos SAR ini adalah melakukan siaga SAR, Pelatihan SAR, pembinaan potensi SAR, tindak awal dan operasi SAR. Selain itu, juga untuk melakukan pengerahan potensi SAR. Baik dalam kegiatan yang meliputi pencarian pertolongan dan penyelamatan jiwa manusia yang hilang. Atau, dikwatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah pelayaran, penerbangan, bencana dan musibah lainnya.

“Adapun kelengkapan dan peralatan yang dimiliki sementara adalah kendaraan operasional yakni Truck personil 1 unit, Rescue car 1 unit, Rubber Boat 40 PK 2 unit, peralatan selam 2 set, SCBA 2 set, peralatan moutenering evakuasi di ketinggian 2 set. Pos SAR juga saat ini diperkuat oleh 3 orang personil yang memiliki sertifikasi rescue,” papar Manca.

Baca Juga:  Wabup Beltim Pimpin Upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas

Sementara itu, mewakili Pemkab Beltim, Wakil Bupati Beltim, Zarkani Mukri  mengapresiasi SAR Babel, yang telah membuka Pos SAR di Beltim.

“Semoga kedepan dengan adanya kantor SAR Belitung yang dibuka di Beltim ini akan bisa bekerjasama dalam menanggulangi segala bencana yang ada di pulau Belitung,” ujar Zarkani. (feb)

Rate this article!
Tags:
author

Author: