Pulau Naduk Jadi Pulau Karantina Terus Dibahas

by -

*Tim dari Kementerian, Provinsi dan Kabupaten Intensif Rapat

TANJUNGPANDAN- Menjelang persiapan rencana Pulau Naduk sebagai Pulau Karantina hewan, Inspektorat Jendral Pertanian mengadakan rapat dengan Pemda Kabupaten Belitung. Rapat terbuka ini dilaksanakan di Ruang Sidang Pemda Belitung, Rabu (5/8) kemarin.
Rapat ini dipimpin Inspektur Jendral Kementrian Pertanian Justan Ridwan Siahaan, Kepala Badan Karantina Pertanian Republik Indonesia, Ir Banun Harpini dan Bupati Belitung Sahani Saleh. Selain itu, rapat ini juga dihadir langsung Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Babel Tony Batubara.
Hadir juga dalam rapat ini, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara, Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Anang Heru Setyono, Kasdim 0414 Belitung Mayor Arm Jhoni Armed Armadi, Wakil Ketua DPRD Belitung Isyak Meirobie. serta hadir sejumlah Kepala Dinas di Belitung, salah satunya Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ayie Thamrin.
Dalam rapat ini membahas tentang persiapan Pulau Naduk dijadikan Pulau Karantina. Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, dirinya berharap Pemerintah Republik Indonesia, agar  pulau tersebut benar-benar dijadikan pulau karantina.
Dijelaskan Bupati, Pulau Naduk letaknya sekita 9,45 Kilometer dari Pelabuhan Tanjung Batu Pegantungan. Menurut Bupati, tempat tersebut sangat layak dan strategis dijadikan Pulau Karantina. Sebab, lokasi yang tak jauh dari Pulau Mendanau ini, memiliki tanah yang subur.
“Selain itu, tempat ini aman dari berbagai cuaca, seperti hujan serta panas. Dan juga letaknya strategis. Kapal-kapal dari Tanjung Batu bisa masuk di pulau tersebut,” ujar Bupati Belitung Sahani Saleh.
Mengenai masalah listrik Bupati Belitung menjelaskan, pemerintah tidak perlu kuatir mengenai masalah ini. “Aliran listrik ini, kita akan salurkan dari Tanjungpandan. Sehingga aman tidak seperti di Selat Nasik,” kata Bupati.
Kepala Badan Karantina Pertanian Republik Indonesia, Ir Banun Harpini mengatakan, saat ini tim dari Badan Karantina masih melakukan penelitian di Pulau Naduk. Sebelumnya ada tiga pulau yang ingin menjadi Pulau Karantina. “Tiga pulau itu adalah Palau Naduk Provinsi Babel, Pulau Durian Besar Kepulauan Riau dan Pulau Simuang Sulawesi Tenggara. Belitung mempunyai potensi untuk jadi Pulau Karantina,” ujar Banun.
Dijelaskan Banun, persyaratan untuk menjadi Pulau Karantina ada beberapa hal, diantaranya pulau tersebut bebas dari hewan yang rentan terhadap penyakit menular, dan tempat tersebut tidak merupakan pemukiman penduduk.
“Pemerintah harus memiliki sarana dan prasarana. Untuk sarana di antaranya memiliki fasilitas biosekuriti dan biosafety. Memiliki tempat angkut hewan, kandang isolasi dan fasilitas pemusnahan hewan serta laboratorium,”jelasnya.
Dipaparkan Banun, untuk prasarana, pulau tersebut harus memilik pelabuhan beserta fasilitas yang digunakan untuk bongkar muat. “Selain itu, harus memiliki sumber listrik yang memadai dan air bersih dengan kapasitas yang mencukupi,” paparnya. (kin)