Puluhan Bus di Babel Tidak Layak Pakai

by -2 views

* Dishub Ancam Cabut Izin Jalan

PANGKALPINANG– Untuk mengantisipasi kecelakaan lalulintas menjelang mudik lebaran, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bangka Belitung (Babel) melakukan pengecekan kelayakan jalan sejumlah bus di beberapa terminal antara daerah di Pangkalpinang.  Alhasil dari beberapa terminal, di temukan puluhan bus yang tidak layak jalan tetapi oleh pemilik bus dipaksa untuk jalan.

Kepala Dishub Provinsi Bangka Belitung, Sarjulianto mengatakan tugas Dishub mengecek kelayakan kendaraan umum, apakah layak jalan atau tidak, sebab ini menyangkut keselamatan orang banyak.  “Pengecekan ini, kita ingin memastikan seluruh bus umum untuk mudik lebaran dalam kondisi layak jalan, dan bukan di paksa layak jalan, yang tentunya membahayakan keselamatan orang banyak,”kata Sarjulianto.

Dari hasil pengecekan, lanjut dia, jumlah bus antar kota/Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung sebanyak 120 bus. ” Jumlah bus kita ada 120 bus tersebar di sejumlah kabupaten/Kota. Dari 120 bus itu, ada sekitar puluhan bus yang tidak layak jalan, untuk itu, bus-bus tersebut dikenakan tilang hingga kondisi bus di perbaiki,”ungkap Sarju.

Puluhan bus yang tidak layak jalan itu, menurut, Sarju disebabkan, kondisi rem, ban gundul dan lampu leting tidak menyala.  “Kalau tiga kondisi itu, kita temukan, sudah pasti akan kita tilang, sebab ini akan membahayakan para pemudik karena rentan kecelakaan,”ucapnya.

Oleh karenanya, ancam Sarjulianto, apabila ditemukan pelanggaran serupa akan dicabut perizinannya.  “Pemiliknya akan kita panggil dan kita minta untuk memperbaiki kondisi busnya kalau mau diperbolehkan jalan lagi,”terangnya.(fiz)