Puting Beliung Hantam Kampung Dul

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

PANGKALANBARU – Hujan deras disertai angin kencang merusak rumah warga dan bangunan sekolah di Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru, kemarin (29/4). Kendati tak mengakibatkan korban jiwa, namun kerugian materi dari bangunan yang rusak ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.
Camat Pangkalan Baru, Suwarno disela-sela kesibukannya meninjau dan mengevakuasi mengatakan, kejadian diperkirakan sekitar pukul 14.00 WIB. Saat itu memang hujan deras mengguyur lokasi. Tak lama berselang, angin pun bertiup sangat kencang dan membentuk puting beliung kemudian langsung menghantam rumah warga. “Musibah puting beliung ini terjadi di RT 10 Gang Cempaka Kelurahan Dul, dan angin yang berpusar kencang itu menghantam 5 rumah warga. Kerusakan cukup parah,” ujar Suwarno kepada Radar Bangka, Rabu (29/4) kemarin.
Lanjut Suwarno, akibat kejadian tersebut sebagian besar atap rumah warga melayang. Selain itu, satu pohon akasia besar yang berada di persimpangan Kampung Dul pun turut tumbang dan sempat menghalangi lalu lintas jalan warga. “Selain itu, 3 lokal bangunan SMPN 1 Pangkalanbaru juga turut menjadi sasaran puting beliung. 2 lokal diantaranya rusak ringan, namun 1 lokal lainnya kerusakan cukup parah dan terlalu beresiko jika ditempati sebagai ruang belajar,” imbuhnya.
Diungkapkan Suwarno, pasca musibah puting beliung pihaknya bersama Satpol PP Linmas segera ke lokasi untuk membantu warga. “Dalam hal ini, kami juga telah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Kesbangpol dan Dinsos Kabupaten Bateng terkait perihal musibah bencana alam ini agar segera ditindaklanjuti,” tukas Suwarno.
Sementara Kepala BPB Kesbangpol Bateng, Kaharuddin membenarkan jika pihaknya telah menerima laporan terkait insiden puting beliung tersebut. Kemudian pihaknya, segera turun menuju lokasi musibah guna berkoordinasi dengan pihak terkait dan mendata warga yang menjadi korban puting beliung. “Saat ini, kami tengah meninjau, membantu evakuasi dan mendata korban untuk kemudian diserahkan bantuan,” ujar Kaharuddin.
Senada dikatakan Kadinsosnakertrans Bateng, Siti Aswati, jika pihaknya telah mendata rumah warga yang terparah dalam insiden musibah ini. Selain bangunan sekolah setidaknya ada 5 rumah yang atap asbesnya melayang diantaranya rumah Zulpandi, Mita dan Syamsuri serta 2 lainnya. Sedangkan sisanya, ada beberapa rumah warga yang atap gentingnya terlepasnya. “Secepatnya, bantuan material seperti atap asbes akan segera kita salurkan kepada warga yang menjadi korban bencana puting beliung tersebut. Selain itu, kami menghimbau agar warga yang menjadi korban tetap bersabar dan tabah,” tandas Siti Aswati.(and)

Baca Juga:  Elfandi Pantau Atlet Atletik Jarak Jauh di Pengalengan Bandung

Rate this article!
Tags:
author

Author: