Raih Penghargaan WBBM dan WBK 2019, DPRD dan Pemkab Belitung Apresiasi Kejari

by -
Raih Penghargaan WBBM dan WBK 2019, DPRD dan Pemkab Belitung Apresiasi Kejari
Ketua DPRD Belitung, Ansori

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintahan Kabupaten Belitung dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung memberikan apresiasi atas keberhasilan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung mendapatkan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada 2019 dari Kemenpan RB RI.

Dengan prestasi tersebut Kejari Belitung berhasil mempersatukan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada tahun 2018 dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2019.

Perlu diketahui, Kejaksaan Negeri Belitung merupakan satu dari lima Satker di lingkungan Kejaksaan RI yang berhasil mempersatukan predikat WBK dan WBBM. Sebelumnya ada Badan Diklat Kejaksaan RI, Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Kejari Jakarta Selatan dan Kejari Surabaya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori, memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh Kejaksaan Negeri Belitung dengan mendapatkan predikat WBBM pada tahun 2019 ini.

Menurutnya, untuk mendapatkan predikat tersebut tentunya, bukan sesuatu hal yang mudah. Tetapi jajaran Kejari Belitung sudah menunjukan dan membuktikan profesionalisme mereka dalam memberikan pelayanan terhadap publik.

“Ini merupakan sesuatu yang prestisius dan membanggakan bagi daerah, apalagi Kejari Belitung berhasil mensondingkan predikat WBK dan WBBM dari sekian banyak Satker di lingkungan Kejaksaan RI di seluruh Indonesia,” ujarnya kepada Belitong Ekspres Minggu (8/12) kemarin.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, juga memberikan apresiasi atas kerja keras dan prestasi yang didapatkan oleh Kejari Belitung dengan meraih predikat WBBM di tahun 2019 ini.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian Kejari Belitung karena waktu zaman bu Kajari Sekti sudah mencapai WBK dan menurut saya patut diapresiasi adalah konsistensi untuk meraih sebuah predikat yang tidak pernah putus dan itu diteruskan oleh Pak Ali Nurdin sebagai Kajari Belitung sekarang dengan meraih WBBM di tahun 2019 ini,” ujarnya Wabup.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan Kejari Belitung semakin profesional dan semakin siap melakukan pelayanan publik yang semakin hari semakin mengedepankan inovasi, percepat dan kemudahan bagi masyarakat luas.

Ditambahkannya, sebagai lembaga Yudikatif selain menegakan peraturan perundangan-undangan dan peraturan hukum tentu Kejari Belitung telah menunjukan bahwa mereka juga bisa melakukan inovasi seperti beberapa instansi yang ada di Indonesia. Namun, tentunya pencapaian tersebut tidaklah mudah karena tidak semua instansi bisa melakukannya.

“Kami di Perintah Daerah berharap Kejari Belitung bisa menjadi top promotor bersama instansi lainya seperti KPPN dan Imigrasi untuk melakukan wisata birokrasi bagi daerah-daerah lainya sehingga mendukung destinasi daerah, bukan dari alam tetapi dari sisi birokrasi yang semakin handal, profesional dan inovatif,” katanya.

“Tentunya Kami akan berterimakasih karena masyarakat akan merasakan dampaknya. Ternyata lembaga yudikatif dan institusi vertikal yang tidak ada kaitannya langsung dengan pariwisata, ternyata bisa memberikan kontribusi positif dan signifikan bagi pertumbuhan kepariwisataan. Saya ucapkan selamat kepada Kejaksaan Negeri Belitung atas prestasi yang di dapatkan tersebut,” pungkasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Rheza