Rakor Camat se Beltim Berharap Isu-Isu Strategis Kecamatan Dievaluasi Hingga ke Kepala Daerah

by -
Rakor Camat se Beltim Berharap Isu-Isu Strategis Kecamatan Dievaluasi Hingga ke Kepala Daerah
Rakor Camat se Beltim Berharap Isu-Isu Strategis Kecamatan Dievaluasi Hingga ke Kepala Daerah
Rakor Camat se Beltim yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Camat Manggar, Selasa (26/11) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Dalam rangka evaluasi dan penyikapan terhadap persoalan-persoalan yang ada di setiap wilayah, Camat Se Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor). Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Beltim Drs. Burhanudin, dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Camat Manggar, Selasa (26/11) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut Wabup Burhanudin, mengatakan, rapat koordinasi tingkat Kecamatan ini dilaksanakan per triwulan. Rapat ini dalam rangka menginventarisir setiap masalah-masalah yang muncul di kecamatan sebelum ditindak lanjuti dari evaluasi di tingkat kecamatan dengan penanganan-penanganan persoalan di wilayahnya.

“Di penghujung tahun ini, banyak hal yang dapat kita rekomendasikan dari para camat ini, untuk kita rekomendasikan untuk ditindaklanjuti,” ungkap Burhanudin kepada belitongekspres.co.id, Selasa (26/11) siang kemarin.

Kemudian, lanjut Wabup, hasil rakor akan disampaikan kepada kepala daerah. Selanjutnya akan dibahas lagi bersama kepala-kepala OPD.

“Jadi, sinkronisasi dan strategis yang ada di kecamatan itu harus disesuaikan dengan OPD-OPD terkait. Nanti kita sampaikan kepada kepala daerah untuk nantinya diambil suatu keputusan. Karena kebijakan tertinggi tuh kan ada di kepala daerah,” ujar Aan, sapaan akrabnya.

Karena itu, Aan berharap keputusan itu nanti realisasinya ada di kepala daerah. Baik masalah pertanahan, masalah kependudukan, masalah asset, dan segala macam.

“Itu kan sangat minim, itu kan harus dievaluasi oleh kawan-kawan di OPD. Seperti tadi misalnya, ternyata kinerja kawan-kawan di kecamatan terganggu dengan jumlah pegawai yang terbatas. Mudah-mudahan ini bisa sebagai rokemendasi yang bisa kami follow up minggu depan, pemda untuk memanggil kepala-kepala OPD,” tandasnya.

Sementara itu Camat Dendang, Rusman, dari hasil rapat ini berharap agar pemerintah daerah menganggarkan jalan lintas Kabupaten antara Kemiri dengan Jangkang. Jalan tersebut merupakan penghubung dua Kabupaten.

“Itu sekarang sudah mulai dirintis. Tapi, dimulai dari Belitung Timurnya belum. Mudah-mudahan pemerintah daerah peduli,” harap Rusman.

Begitu pula yang disampaikan oleh Camat Manggar, Amirudin, dirinya berharap dengan pelaksanaan rakor ini, apa yang disampaikan, isu-isu strategis apa yang ada di kecamatan-kecamatan. Khususnya kecamatan Manggar, ia berharap dapat diakomodir dan ditindaklanjuti. Karena menurutnya ada beberapa permasalahan yang harus disikapi di tingkat Kabupaten.

“Dari OPD-OPD teknik, kemudian juga permasalahan-permasalahan hampir merata, terkait dengan sarana prasarana, masalah asset, masalah batas wilayah, dan juga program-program yang ada bisa bersinergi dengan pihak kecamatan,” ulas Amirudin.

Sehingga, kata Dia, kegiatan- kegiatan yang dilakukan oleh pihak kabupaten bisa di-backup oleh Kecamatan. “Jadi, kita harus bersinergi tidak hanya dalam retorika, kita harus bersama-sama membantu program-program yang ada di POD maupun yang ada di Kecamatan. Kita sama-sama bersinergi, kita hilangkan ego sektoral,” tukasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Danny Sugara