Ramadan, Jam Pelajaran Dikurangi 10 Menit

by -

*Dinas Minta Sekolah Tingkatkan Kegiatan Rohaniah

TANJUNGPANDAN-Selama Bulan Ramadan 1437 Hijriah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung menerbitkan aturan tersendiri dalam hal kegiatan belajar mengajar. Selama Ramadan, semua kegiatan belajar mengajar dari Taman kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) dikurangi setiap jam pelajaran sebanyak 10 menit.

“Kegiatan belajar mengajar Taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan, Sekolah Menengah Atas (SMA), setiap jamnya pelajaran dikurangi 10 menit,’’ kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Kabid Dikmen) Dindikbud Belitung, Rukmini Kepada Harian Umum Belitong Ekspres, Senin (6/7), kemarin.

Rukmini mejelaskan, Dindikbud Belitung telah memberikan surat edaran (SE) ke berbagai sekolah dengan tanda tangan Kepala Dindikbud Irfani Mauran. “Surat Edaran sudah kami sampaikan kepada perwakilan Sekolah yang ada di bawah Dindikbud Kabupaten Belitung. Jadi, tinggal pihak sekolah menyesuaikan programnya sesuai instruksi dari Kepala Dinas,” urainya.

Menurutnya untuk Bulan Ramadan Tahun ini kegitan belajar mengajar tidak akan telalu banyak. Sebab, sudah memasuki ulangan semester genap. “Jika melihat jadwal, Kamis (9/6) ini mereka sudah ulangan semester 2,  dan kegiatan sekolah sampai tanggal (24/6). Sedangkan Tanggal 27 Juni Sampai 16 Juli nanti mereka sudah libur Akhir Tahun,” kata Rukmini.

Dindikbud Belitung juga menghimbau kepada siswa/i, selama Bulan Ramadan untuk selalu melakukan kegiatan rohaniah, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.  “Dalam Surat Edaran, Dindikbud  Belitung juga menghimbau supaya memakmurkan Masjid di tempat tinggalnya masng-masing. Khusus guru Pendidikan Agama Islam (PAI) supaya memberikan tugas ekskul (ekstrakurikuler) melalui buku kegiatan Ramadan,” himbaunya.(mg2)