Rampok Bersenpi Ambil Paksa Dokumen Kapal Compreng

by -

TOBOALI-Gembok rampok di Bangka-Selatan (Basel) kembali beraksi. Tiga unit kapal compreng, yakni KM Hasil Karimun, KM Meri Jaya dan KM Bintang Lautan jadi korban mereka. BBM kapal beserta dokumen ketiga kapal tersebut pun dibawa kabur perampok bersenpi yang berjumlah tiga orang tersebut.
Informasi yang dihimpun RB, para rampok tersebut beroperasi di perairan Tanjung Merun,Sadai Kamis (16/4) sekitar pukul 11.00 WIB. Perompak mendatangi kapal compreng dan memaksa mengambil BBM solar 1-2 drum. Dalam aksinya mereka mengancam para ABK compreng menggunakan senpi dan sajam.
Danlanal Babel, Kolonel Laut (P) Hendra Kesuma ketika dikonfirmasi, membenarkan kejadian tersebut. Menurutya, usai menerima laporan pihaknya langsung melakukan pengejaran. “TNI AL Pos Toboali dan Pos Sadai langsung turun untuk menghimpun data dari sejumlah saksi. Langsung melakukan pengejaran di sejumlah titik pelarian pelaku,”kata Danlanal ketika dihubungi melalui telpon selulernya, Jumat (17/4) kemarin.
Menurut Danlanal para pelaku yang telah dikenali identitasnya tersebut diduga adalah gembong perompakan di Bangka Selatan. “Saya sudah perintahkan Pos Toboali dan Sadai melakukan pengejaran, identitas pelaku dan kediamannya sudah kita ketahui. Informasinya bahwa pelaku menggunakan senpi rakitan, bahkan pelaku ini disinyalir adalah pelaku perompakan yang menguasai di Bangka Selatan,”terang Hendra.
Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya segera menempatkan personil Angkatan Laut untuk bertugas di Pos AL Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar. Penempatan di Pos AL Batu Betumpang sangat penting lantaran kawasan perairan tersebut diduga menjadi salah satu lintas masuknya narkoba di Babel. “Harapan kita penempatan anggota AL di sana nantinya dapat meminimalisir aktivitas ilegal di Pulau Besar dan sekitarnya, untuk sementara kita pinjam pakai gedung PPI Pulau Besar yang tidak digunakan,”pungkas Hendra.(Bim)