Raperda BUP Siap Disahkan

by -

*Soal Operasi Pelabuhan, Masih Nunggu Penyerahan

TANJUNGPANDAN-Dua raperda dari empat rancangan peraturan daerah (raperda) yang sedang dibahas dalam paripurna DPRD Kabupaten Belitung, dipastikan segera disahkan menjadi produk hukum daerah alias Perda (peraturan daerah). Kepastian ini disampaikan Ketua DPRD Belitung Taufik Rizani.
“Anggota pansus yang telah melakukan kunjungan luar daerah terkait soal BUP Pelabuhan dan izin bangunan. Mereka besok Jumat (20/3) hari ini datang, langsung melakukan finalisasi pada hari Sabtu (21/3) besok,” kata Ketua DPRD Belitung.
Taufik mengatakan, rencana pelaksanaan paripurna pengesahan dua raperda dari empat raperda Kabupaten Belitung itu, akan disesuaikan dengan jadwal yang sudah ada. “Sesuai jadwal pelaksanaan paripurna, tanggal 23 Maret 2015. Itu dipastikan akan langsung pengesahan. Undangan juga sudah disebar,” ujarnya.
Ia mengatakan, tim pansus akan melengkapi kekurangan-kekurangan sesuai dengan hasil yang mereka dapatkan diluar daerah. “Dari empat raperda, baru dua yang dapat disahkan. Karena ada bebeberapa hal yang ingin disesuikan dengan kondisi daerah di Belitung,” jelasnya.
Disinggung soal keterkaitan batalnya peresmian Pelabuhan Tanjungbatu oleh Menteri Perhubungan dalam kunjungannya di Belitung belum lama ini, Taufik mengatakan, bahwa kondisi pelabuhan di Tanjungbatu selama ini tidak bisa hanya digarap sedemikian rupa. “Sebab, akan berbenturan dengan penyerahan. Pemerintah pusat baru menyerahkan izin operasinya kepada kita di daerah,” ucapnya.
Taufik menyatakan,dalam pelaksanaan dan pengoperasian BUP, BUP akan membentuk sebuah badan pelabuhan yang di dalamnya melibatkan orang-orang yang memahami tentang pelabuhan.
“Sehingga anggaran yang sudah kita anggarkan tidak sia-sia. Saat ini, pun kita masih dalam tahap berbenah diri untuk membangun APBD kita,” terangnya.
Setelah BUP dioperasikan dan dibentuk, sistem kerjanya harus tetap bekoordinasi dengan Kementerian. “Sesuai hasil koordinasi saya dengan Kementerian Perhubungan. Bahwa mereka sudah siap untuk membantu proses pelaksanaan BUP. Jadi, tinggal kita saja Belitung ini,” tukasnya. (mg2)