Raperda DAS Mendesak Disahkan

by -

*DPRD Babel Upaya Keras

PANGKALPINANG – DPRD Bangka Belitung melalui panitia khusus (pansus) terus mengupayakan pengesahan raperda daerah aliran sungai (DAS) di Babel. Para wakil rakyat ini menyadari betul pentingnya raperda tersebut segera disahkan.

Sebagaimana dikatakan oleh anggota DPRD Babel, Deddy Wijaya, Babel terkenal akan pertambangan timah serta hasil hutan yang melimpah. Untuk itu, dirinya menyadari betapa pentingnya untuk menyelesaikan regulasi daerah yang dituangkan dalam Perda untuk mengatur pengelolahan, pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan lahan dalam satuan ekosistem DAS secepatnya.

“Raperda yang nantinya disahkan menjadi Perda ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengelolahan DAS secara terpadu,” kata Deddy, kemarin (9/6).

Lebih jauh, Deddy mengatakan pengelolahan Perda DAS sendiri, tentunya harus melibatkan seluruh element masyarakat, unsur pengusaha baik itu tambang maupun kehutanan, serta tak kalah pentingnya yaitu terlibatnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Dengan begini, kita harapkan dapat padu, setara dan menjadi komitmen bersama untuk menerapkan penyelengaraan alam yang adil, efektif efisien dan berkelanjutan,” tukasnya usai rapat pansus di Jakarta.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPRD Babel Aksan Visyawan mengungkapkan jika Pansus mendukung penuh rencana pembuatan Perda tentang daerah aliran sungai ini. Apalagi menurut Aksan kondisi lingkungan Babel sekarang, cukup memprihatinkan, intensitas hujan yang besar acapkali membuat lingkungan di beberapa daerah tergenang air. (tob)